PENGEMBANGN MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DISERTAI NILAI NILAI ISLAM PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRASIONAL SATU VARIABEL DI MAN 1 LAMPUNG TIMUR

KRISNANTI, DIKA AYU (2020) PENGEMBANGN MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DISERTAI NILAI NILAI ISLAM PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRASIONAL SATU VARIABEL DI MAN 1 LAMPUNG TIMUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis discovery learning disertai nilai-nilai islam pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel yang valid dan praktis. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan melalui uji kevalidan oleh validator dan kepraktisan modul oleh peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dirancang dengan mengikuti langkah-langkah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, 5) evaluation. Untuk mengetahui kevalidan produk, dilakukan uji kevalidan kepada validator ahli yaitu, 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli desain, 2 dosen ahli nilai-nilai islam. Uji coba produk dilakukan di MAN 1 Lampung Timur dalam uji coba kelompok kecil dengan jumlah 9 peserta didik untuk mengetahui kepraktisan modul yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan kevalidan modul memenuhi kriteria valid dengan persentase 79,98% yang didapat dari aspek materi, desain, dan nilai-nilai islam. Hasil kepraktisan didapat dari hasil angket respon peserta didik dengan pesersentase sebesar 84,5% yang termasuk kategori sangat praktis. Produk modul matematika yang dikembangkan ini valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 008/Pend.Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: discovery learning; modul; nilai-nilai islam; pengembangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:05
Last Modified: 12 Jan 2021 04:06
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item