FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 2 TULANG BAWANG TENGAH

damayanti, ayu (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 2 TULANG BAWANG TENGAH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Berdasarkan temuan dilapangan peneliti menemukan bahwa faktor lingkungan sekolah dan faktor fisiologis seluruh peserta didik dalam keadaan yang baik, namun hasil belajar dari peserta didik pada ujian semester ganjil masih banyak yang belum tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan jenis penelitian lapangan, dengan fator internal dan faktor ekstenal sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikatnya. Dengan teknik penentuan sampelnya adalah simple random sampling, sebanyak 56 peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. Sebagai alat ukur digunakan 45 item kuisioner dengan pengukuran skala likert dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan uji t (parsial) menunjukan nilai dari pengaruh faktor internal terhadap hasil belajar yaitu thitung>ttabel (6,996>1,675), dan nilai dari pengaruh faktor eksternal terhadap hasil belajar yaitu thitung > ttabel (4,019>1,675). Sedangkan pada uji f (simultan) menunjukan nilai dari pengaruh faktor internal dan faktor eksternal secara simultan terhadap hasil belajar yaitu fhitung > ftabel (83,767 > 3,09). Dari perhitungan nilai R square kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan varians dari variabel terikat adalah sebesar 74,2%, yang artinya faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh sebesar 74,2% dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 037/Pend. Ekonomi/2020
Uncontrolled Keywords: Ekonomi, hasil belajar, kuantitatif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:51
Last Modified: 23 Mar 2022 07:53
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item View Item