LUTHFI HF, ZULLAILA (2024) EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN BERBASIS CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, AND PRODUCT) DI SMPIT WAHDATUL UMMAH KOTA METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Evaluasi menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam pendidikan, akan tetapi terkadang guru-guru mengevaluasi tidak secara menyeluruh, oleh karena itu disini peneliti ingin mengevaluasi tentang sebuah model evaluasi, yaitu CIPP (Context, Input, Process, Product). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dari context, input, process, dan product dari program kelas tahfidz Al-Qur’an di SMPIT Wahdatul Ummah kota Metro. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program kelas tahfidz AlQur’an di SMPIT Wahdatul Ummah, menunjukkan bahwa context dari program kelas tahfidz termasuk ke dalam kurikulum sekolah. Selain itu tujuan dari program kelas tahfidz adalah memberikan modal bagi para siswa untuk memiliki hafalan Al-Qur’an dan untuk memperbaiki kualitas bacaan (tahsin tajwid) siswa. Input dari program kelas tahfidz Al-Qur’an adalah adanya kegiatan lain yang mendukung program tahfidz sehingga dapat berlangsung dengan baik yaitu kegiatan muroja’ah bersama yang diadakan sebelum proses belajar mengajar dimulai, tilawah bersama dimasjid, dan kegiatan kelas bahasa arab. Process dari program kelas tahfidz adalah pelaksanaan program tahfidz dikelas, berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh sekolah, yaitu 8 jam dalam satu pekan, dan 2 jam/sekali pertemuan. Metode yang digunakan adalah Wafa, talaqi, dan tahsin. dan yang menjadi kendala adalah kurangnya waktu pembelajaran jam tahfidz dikelas, serta kurangnya guru pembimbing tahfidz dikelas. Product dari program kelas tahfidz Al-Qur’an adalah standar kompetensi siswa lulusan program tahfidz Al-Qur’an, yaitu belum semua siswa bisa mencapai target yang telah ditetapkan oleh sekolah. Kesimpulannya adalah program kelas tahfidz di SMPIT Wahdatul Ummah ini baik untuk diteruskan dan dikembangkan lagi, dengan catatan perbaikan di bagian proses atau pelaksanaan program kelas tahfidz tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 50/S1 Pendidikan Agama Islam/2024 |
Uncontrolled Keywords: | evaluasi program, tahfidz al-qur’an, model CIPP |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:16 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:16 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |