ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEMPOL AYAM JAWARA KOTA METRO

FITRIANI, DEWI MIFTAHUL (2024) ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEMPOL AYAM JAWARA KOTA METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Usaha Sempol Ayam Jawara merupakan usaha yang dirintis pada tahun 2022. Sempol Ayam Jawara sempat membuka cabang di daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat dan bekerja sama dengan salah satu mitra dagang di Kabupaten Lampung Timur namun berhenti beroperasi sebab penjualan yang relatif rendah. Sempol Ayam Jawara juga menghadapi sejumlah kompetitor yang kerap kali menawarkan variasi sempol dan saus pendamping serta menetapkan harga yang sangat rendah sehingga menimbulkan persaingan harga yang tidak sehat. Kemudian, Usaha ini juga menghadapi permasalahan terkait kelonjakan harga bahan baku pada saat-saat tertentu yang mempengaruhi besar kecilnya biaya produksi dan profit yang diperoleh. Selain itu, usaha sempol ayam ini cenderung mudah ditiru karena konsepnya yang sederhana serta bahan produksinya yang umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi usaha Sempol Ayam Jawara berdasarkan faktor internal dan eksternal serta menemukan strategi bisnis yang tepat untuk diterapkan Usaha Sempol Ayam Jawara. Penelitian ini menggambarkan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif dimaksudkan guna memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut atau perspektif informan (Siyoto dan Sodik, 2015: 14). Usaha Sempol Ayam Jawara berada pada sel V (Growth) yang menawarkan strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT, diperoleh jumlah skor tertinggi pada strategi kombinasi SO yakni 4,46. Kemudian berdasarkan hasil analisa pada matriks QSPM, nilai TAS penetrasi pasar memperoleh nilai lebih tinggi dibandingkan pengembangan produk yakni 4,96. Sehingga, alternatif strategi yang terbaik untuk diimplementasikan ialah penetrasi pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 060/S1 MANAJEMEN/2024
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, IFE, EFE, IE, SWOT, QSPM
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
600 Ilmu Terapan > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Lina Septriani S
Date Deposited: 17 Feb 2025 02:52
Last Modified: 17 Feb 2025 02:52
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item View Item