PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN METODE SOCRATES QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA

Nurjanah, Susana (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN METODE SOCRATES QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan model PBL dengan metode socrates question terhadap hasil belajar; (2) hasil belajar siswa yang lebih baik antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang atau rendah; (3)a. penggunaan model PBL dengan metode socrates question menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi daripada model PBL pada siswa dengan kemandirian tinggi.; b. penggunaan model PBL dengan metode socrates question menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi daripada model PBL pada siswa dengan kemandirian sedang; c. penggunaan model PBL dengan metode socrates question menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi daripada model PBL pada siswa dengan kemandirian rendah. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Labuhan Maringgai. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Multimedia dan X TKJ. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan angket. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan rumus scheffe dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh penggunaan model PBL dengan metode socrates question terhadap hasil belajar; (2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kemandirian terhadap hasil belajar siswa, dimana kemandirian tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik dibanding siswa dengan kemandirian sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan kemandirian sedang memiliki hasil belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki kemandirian rendah; (3)a. Penggunaan model PBL dengan metode socrates question memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada model PBL pada siswa dengan kemandirian tinggi; b. Penggunaan model PBL dengan metode socrates question memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada model PBL pada siswa dengan kemandirian sedang; c. Penggunaan model PBL dengan metode socrates question memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada model PBL pada siswa dengan kemandirian rendah. Kata kunci: PBL (Problem Based Learning), Metode Socrates Question, Kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 019/Pendidikan Matematika/2023
Uncontrolled Keywords: PBL (Problem Based Learning), Metode Socrates Question;, Kemandirian belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:13
Last Modified: 18 Jan 2024 02:13
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2337

Actions (login required)

View Item View Item