PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALISATION, INTELLECTUALLY) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU KELAS VIII MTs RIYADLATUL ‘ULUM

Susiani, Della (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALISATION, INTELLECTUALLY) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU KELAS VIII MTs RIYADLATUL ‘ULUM. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (430kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualisation, Intellectually) terhadap hasil belajar IPA Terpadu kelas VIII MTs Riyadlatul „Ulum. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bentuk eksperimen semu. Tempat penelitian yang saya lakukan yaitu di MTs Riyadlatul „Ulum. Populasi penelitian ini yaitu kelas VIII Mts Riyadlatul „Ulum. Sampel yang digunakan kelas VIII B dan kelas VIII C. Kelas VIII B menjadi kelas eksperimen dan kelas VIII C menjadi kelas kontrol. Uji prasyarat dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil pengujian menggunakan rumus uji t diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,249>2,015). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Metode Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualisation, Intellectually) terhadap Hasil belajar IPA terpadu kelas VIII MTs Riyadlatul „Ulum. Pengaruh metode SAVI membuat hasil yang signifikan. Metode SAVI (Somatic, Auditory, Visuallisation, Intellectually) adalah pembelajaran yang menggunakan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indra yang berpengaruh besar terhadap pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan metode SAVI dapat memotivasi siswa untuk giat belajar sehingga dapat membuat pembelajaran peserta didik meningkat. Metode SAVI memiliki kelebihan yaitu meningkatkan kecerdasan secara terpadu siswa secara penuh melalui penggabungan secara fisik dengan aktivitas intektual.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 007/Pend. Biologi/2022
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Pendekatan Pembelajaran SAVI
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:57
Last Modified: 24 Nov 2022 03:57
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item