IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PESANTREN DI SMP ISLAM DARUL MUTTAQIN METRO LAMPUNG

ASYROF, FUAD ATHIF (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PESANTREN DI SMP ISLAM DARUL MUTTAQIN METRO LAMPUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan komponen krusial dalam pembinaangenerasi muda yang tangguh, memiliki integritas, dan siap menghadapi tantangan zaman. Penelitian ini difokuskan pada evaluasi implementasi pendidikan karakterberbasis pesantren di SMP Islam Darul Muttaqin Metro, Lampung, dengan tujuanmengidentifikasi nilai-nilai karakter yang ditanamkan serta menganalisis faktorpendukung dan penghambat. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi lapangan, mengumpulkan data melaluiobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif diaplikasikan untuk memahami fenomena tersebut secara mendalam. Implementasi pendidikan karakter di SMP Islam Darul Muttaqinmenunjukkan hasil yang positif dalam menanamkan nilai-nilai karakter esensial seperti disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggung jawab, serta nilai-nilai lain yang mencerminkan ajaran Islam. Implementasi ini dilakukan melalui berbagai metodeyang inovatif dan adaptif, termasuk keteladanan dari guru dan staff, pembiasaannilai-nilai positif sehari-hari, pendisiplinan yang adil dan humanis, serta integrasi nilai-nilai karakter ke dalam kurikulum dan pembelajaran. Faktor pendukung utama meliputi komitmen kuat dari seluruh komponen sekolah, lingkungan belajaryang kondusif, serta adanya kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai pesantren yang kaya. Namun, tantangan tetap ada, termasuk keterbatasan sumber daya manusia dan finansial, serta kesulitan dalam menyesuaikan metodepembelajaran dengan karakteristik individu siswa yang beragam. Penelitian inijuga mengungkapkan pentingnya kerjasama antara sekolah dengan orang tua dankomunitas untuk mendukung efektivitas pendidikan karakter. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa pendidikan karakter berbasis pesantren dapat diadopsi sebagai model efektif dalam pembentukan karakter siswa di sekolah-sekolah Islam. Hal ini menunjukkan perlunya pihaksekolah untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas implementasi pendidikan karakter, menyesuaikannya dengan kebutuhan dan dinamika zaman.Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang strategi inovatif dan adaptif dalam pendidikan karakter, khususnya dalam menghadapi tantangan global dan perubahan sosial yang cepat.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 09/S1 Pendidikan Agama Islam/2024
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pesantren, Implmentasi, Nilai Karakter
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:06
Last Modified: 26 Feb 2025 07:06
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3598

Actions (login required)

View Item View Item