PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2022

Rokhmah, Lutvia Nur (2024) PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2022. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lutvia Nur Rokhmah 2024 “Pengaruh Financial Leverage Dan Size Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2022”.Skripsi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro. Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) sudah dianggap suatu kepentingan bagi perusahaan, selain sebagai bentuk ketaatan terhadap hukum tetapi juga untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Dalam CSR perusahaan tidak hanya diharapkan berpijak pada single bottom line (financial) yaitu hanya berdasar pada nilai perusahaan dari segi keuntungan saja, namun juga harus berpijak pada triple bottom line (ekonomi, sosial dan lingkungan hidup) yaitu permasalahan sosial dan lingkungan sekitar.Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu tipe data berupa angka, level, perbandingan dan volume. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufakur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2022, Sampel pada penelitian ini berjumlah 91 perusahaan.Hasil analisis regresi menunjukkan variabel DCR menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap CSR dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,047 dan signifikansi statistik (p-value) sebesar 0,001. Nilai pvalue yang lebih kecil dari tingkat signifikansi α 0,05 mengindikasikan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara DCR dengan pengungkapan CSR. Hasil analisis regresi variabel SIZE juga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap CSR dengan koefisien regresi sebesar 1,749 dan signifikansi statistik sebesar 0,007. bahwa koefisien variabel ukuran perusahaan (SIZE) adalah positif dan signifikan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hipotesis ini mengusulkan bahwa semakin tinggi tingkat leverage keuangan suatu perusahaan (yang diukur dengan rasio utang terhadap modal), semakin rendah tingkat pengungkapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Financial leverage (DCR) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Dengan kata lain, tingkat utang suatu perusahaan tidak menentukan seberapa besar perusahaan tersebut mengungkapkan tanggung jawab sosialnya financial leverage mengacu pada penggunaan utang dalam struktur modal perusahaan, di mana perusahaan menggunakan utang untuk mendanai operasional atau investasi. Perusahaan-perusahaan, khususnya yang lebih kecil, perlu meningkatkan transparansi dan pengungkapan terkait aktivitas CSR mereka. Kata kunci : financial leverage, size, corpoorate social responsibility

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 040/S1 Akuntansi/2024
Uncontrolled Keywords: Financial Leverage, Size, Corpoorate Social Responsibility
Subjects: 600 Ilmu Terapan > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 11 Feb 2025 07:18
Last Modified: 11 Feb 2025 07:18
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3114

Actions (login required)

View Item View Item