PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUALTERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 4 METRO TAHUN 2022/2023

Wulandari, Ni Sayu Made Indah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUALTERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 4 METRO TAHUN 2022/2023. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Ni, S.M.I. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA N 4 Metro Tahun 2022/2023. Skripsi, Jurusan Pendidikan IPS Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Dra. Ningrum, M.TA. (II) Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Blended Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar Ekonomi. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya perbadaan hasil belajar siswa antara siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran blened learning berbantu media audio visual dengan siswa yang tidak tidak diberikan perlakuan model pembelajaran blened learning berbantu media audio visual di kelas XI SMA N 4 Metro. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan desain penelitian yang digunakan menerapkan pre experimental design one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI IPS SMA N 4 Metro, dimana siswa kelas XI IPS 1 berjumlah 34 siswa, kelas XI IPS 2 berjumlah 33 siswa, dan kelas XI IPS 3 berjumlah 34 siwa, yang secara keseluruhan jika dijumlahkan menjadi 102 siswa. Dalam menentukan sampel pada penelitian ini penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan 2 sampel kelas, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning berbantu media audio visual yaitu dengan rumus regresi linier sederhana didapatkan hasil nilai bahwa F hitung mendapat hasil 1 : 32 yang dapat dilihat pada daftar lampiran dengan taraf signifikan 0,05 yaitu 4,149 dan F 32,8898, yang artinya 32,8898 > 4,149, sedangkan nilai T hitung > T tabel hitung . T mendapat hasil 0,05 (33) yang dapat dilihat pada daftar lampiran dengan taraf signifikan 0,05 yaitu 1,692 dan T tabel 7,0781, yang artinya 7,0781 > 1,692. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran blended learning berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 4 Metro tahun 2022/2023, Dimana siswa yang dinyatakan tuntas dengan KKM > 70 setelah diberikan perlakuan yaitu sebanyak 97,1% (33 siswa) dari total keseluruhan siswa sebanyak 34 siswa maka proses pembelajaran dinyatakan berhasil. > F tabel . F tabel hitung

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 003/Pendidikan Ekonomi/2023
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Blended Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:08
Last Modified: 25 Jan 2024 07:08
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2619

Actions (login required)

View Item View Item