IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 3 METRO

Puspita, Eni (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 3 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 3 METRO Eni Puspita 1 , Tiara Anggia Dewi, M.Pd. 2 , Desi Budiono, S.Pd., M.Pd 3 Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Metro enipuspita580@gmail.com 1) tiara.anggia.d@gmail.com 2) desibudiono@ummetro.ac.id 3) ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration dan Creativity and inovation) siswa sebelum dan setelah dilakukan implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang bertujuan untuk mengubah situasi nyata saat ini menuju keadaan yang diharapkan. Penggunaan model PjBL berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa diketahui adalah 77.3 pada siklus 1 dan 84.53 pada siklus 2. Penggunaan model PjBL berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan 4C (critical thinking, communication, collaborative, creativity and innovation) siswa. Peningkatan keterampilan 4C siswa diketahui adalah 85.26% pada siklus 1 dan 90% pada siklus 2. Tinggi persentase ketuntasan hasil belajar (kognitif) siswa yang diperoleh dari penggunaan model PjBL diketahui adalah 70% pada siklus 1 dan 87% pada siklus 2. Hasil tersebut diperoleh dari data 21 siswa tuntas, 9 siswa tidak tuntas dari total 30 siswa di kelas pada siklus 1 serta 26 siswa tuntas, 4 siswa tidak tuntas dari total 30 siswa di kelas pada siklus 2. Kata kunci: PjBL, Keterampilan 4C, Tindakan Kelas

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 015/Pendidikan Ekonomi/2023
Uncontrolled Keywords: PjBL, Keterampilan 4C, Tindakan Kelas
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:51
Last Modified: 24 Jan 2024 07:51
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2552

Actions (login required)

View Item View Item