Nurjanah, Susana (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN METODE SOCRATES QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan model PBL dengan metode socrates question terhadap hasil belajar; (2) hasil belajar siswa yang lebih baik antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang atau rendah; (3)a. penggunaan model PBL dengan metode socrates question menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi daripada model PBL pada siswa dengan kemandirian tinggi.; b. penggunaan model PBL dengan metode socrates question menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi daripada model PBL pada siswa dengan kemandirian sedang; c. penggunaan model PBL dengan metode socrates question menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi daripada model PBL pada siswa dengan kemandirian rendah. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Labuhan Maringgai. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Multimedia dan X TKJ. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan angket. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan rumus scheffe dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh penggunaan model PBL dengan metode socrates question terhadap hasil belajar; (2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kemandirian terhadap hasil belajar siswa, dimana kemandirian tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik dibanding siswa dengan kemandirian sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan kemandirian sedang memiliki hasil belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki kemandirian rendah; (3)a. Penggunaan model PBL dengan metode socrates question memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada model PBL pada siswa dengan kemandirian tinggi; b. Penggunaan model PBL dengan metode socrates question memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada model PBL pada siswa dengan kemandirian sedang; c. Penggunaan model PBL dengan metode socrates question memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada model PBL pada siswa dengan kemandirian rendah. Kata kunci: PBL (Problem Based Learning), Metode Socrates Question, Kemandirian belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 019/Pendidikan Matematika/2023 |
Uncontrolled Keywords: | PBL (Problem Based Learning), Metode Socrates Question;, Kemandirian belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 500 Ilmu Murni > Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 02:13 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 02:13 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2337 |
Actions (login required)
View Item |