PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BANDARJAYA

Muntasiroh, Muntasiroh (2021) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BANDARJAYA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Karakter merupakan nilai – nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesame manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap perasaan dan perbuatan yang berdasarkan norma agama, hukum, tata karma, budaya dan adat istiadat. Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Peran guru dalam membentuk karakter anak usia dini di TK Aisyiyah Bandarjaya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter anak usia dini di TK Aisyiyah Bandarjaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Dengan metode-metode yang telah diterapkan dalam pendidikan karakter anak, seorang guru dapat menjalankan perannya. Dalam menjalankan perannya dalam membentuk karakter anak usia dini di TK Aisyiyah Bandarjaya guru sebagai model, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pelatih, guru sebagai motivator, dan guru sebagai penilai. Guru diharapkan dapat melaksanakan perannya dalam membentuk karakter anak usia dini ketika di sekolah. Sebagai model atau teladan dengan mencontohkan sikap-sikap yang baik. Guru yang mengajarkan kebiasaan baik untuk anak. Maka guru diharuskan dapat memiliki kebiasaan baik juga. Jika sebagai pembimbing guru memberikan penjelasan yang mudah dimengerti oleh peserta didik. Ketika guru menjelaskan tentang kegiatan pembiasaan, guru sebaiknya membimbing satu persatu cara melakukannya. Sebagai pelatih, guru harus melatih anak dengan metode dril atau pengulangan. Agar anak terbiasa melakukan kegiatan pembiasaan tersebut. Kemudian sebagai motivator, guru memberikan semangat kepada semua peserta didik agar mereka yakin dapat melakukannya dengan baik. Terakhir, guru menilai siswa tentang apa yang telah ia kerjakan berdasarkan perkembangannya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 005/PIAUD/2022
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Karakter, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:39
Last Modified: 05 Dec 2022 03:39
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item