PENGARUH PENERAPAN METODE COLLABORATIVE LEARNING BERBANTU MEDIA MICROSOFT POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PUTRA RUMBIA

Permadani, Tri Nova Ayu (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE COLLABORATIVE LEARNING BERBANTU MEDIA MICROSOFT POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PUTRA RUMBIA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (129kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik bahwa pembelajaran di SMP Negeri 1 Putra Rumbia pendidik menggunakan metode konvensional, yaitu pendidik masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, metode ceramah menjadikan aktivitas peserta didik cenderung lebih banyak mencatat, menghafal, mengerjakan soal, hal tersebut dilakukan disetiap proses pembelajaran sehingga menjadikan peserta didik merasa bosan, tidak bersemangat dalam belajar dan akhirnya proses pembelajaran menjadi monoton sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan Metode Collaborative Learning berbantu media Microsoft Powerpoint Interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Putra Rumbia. Penelitian ini termasuk eksperimen semu yang dilakukan pada kelas VII di SMP Negeri Putra Rumbia. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen tes yang digunakan adalah 7 butir soal uraian. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji-t (dua pihak) yang menghasilkan thitung = 5,68332 dan ttabel = 1,99897. Pada kriteria pengujian tingkat signifikansi a = 0,05 sehingga thitung tidak memenuhi -t(a,n1+n2-2) < thitung < t(a,n1+n2-2) yang artinya H0 ditolak dan terima H1 dan menunjukkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan metode Collaborative Learning berbantu Microsoft Powepoint interaktif tidak sama dengan rata – rata hasil belajar matematika peseta didik yang menggunakan metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh penerapan Metode Collaborative Learning berbantu media Microsoft Powerpoint Interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Putra Rumbia.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 009/Pend. Matematika/2022
Uncontrolled Keywords: Collaborative Learning, Microsoft Powerpoint Interaktif, Hasil Belajar.
Subjects: 500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:28
Last Modified: 08 Nov 2022 02:28
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1440

Actions (login required)

View Item View Item