ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESIONALISME GURU PAI DI ERA SOCIETY 5.0

NURLELA, SITI (2024) ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESIONALISME GURU PAI DI ERA SOCIETY 5.0. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Perkembangan era society 5.0 menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan, sehingga dibutuhkan guru yang profesional dalam membersamai peserta didik. Guru yang profesional mampu menciptakan metode mengajar sesuai dengan era belajar. Profesionalisme guru bisa dipelajari dari beberapa media salah satunya film. Film Taare Zameen Par merupakan film edukasi yang berasal dari India yang memberikan gambaran mengenai nilai-nilai pendidikan untuk guru, peserta didik, dan orang tua. Peneliti melakukan analisis semiotik dengan teori Roland Barthes untuk mengkaji film ini untuk merelevansikan dengan profesionalisme guru PAI, dengan melalui tiga tahapan pemaknaan yaitu denotatif, konotatif, dan mitos. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research yang mengkaji film sebagai objek utama penelitian melalui pendekatan kualitatif, menggunakan data dengan sumber primer dan sumber sekunder, metode data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi atau content analysis melalui langkah deskripsi, interpretasi, dan kesimpulan. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisa menggunakan teori semiotika Roland Barthes, untuk merelevansikan dengan objek penelitian yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) analisis semiotik dalam film Taare Zameen Par menunjukkan makna denotatif, konotatif, dan mitos sikap teladan seorang guru yang profesional. 2) profesionalisme pada film Taare Zameen Par meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. 3) profesionalisme dalam film Taare Zameen Par relevan dengan profesionalisme guru PAI di era society 5.0. Tantangan pendidikan dalam era ini berpusat pada sumber daya manusia (SDM) yang sebagai objek disini adalah guru atau pendidik. Film ini memberikan gambaran sikap profesionalisme, seperti rasa tanggung jawab yang tinggi, mental yang mapan, serta penguasaan terhadap kompetensi guru. Profesionalisme guru di India juga tak jauh beda dengan yang ada di Indonesia yaitu harus memiliki beberapa kompetensi yang harus dikuasai seperti kemampuan mengevaluasi, kemampuan literasi, kepribadian, dan kemampuan mengelola diri dengan siswa dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 46/S1 Pendidikan Agama Islam/2024
Uncontrolled Keywords: Analisis Roland Barthes, Film, Profesionalisme Guru
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:03
Last Modified: 25 Feb 2025 02:03
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3523

Actions (login required)

View Item View Item