MARGIANTO, A. (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY BERBASIS INDUSTRI DI SMK BUDI UTOMO 2 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (58kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran teaching factory adalah model pembelajaran di SMK berbasis industri yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran teaching factory di SMK Budi Utomo 2 Way Jepara Lampung Timur. Untuk menganalisis pelaksanaan budaya kerja industri di SMK Budi Utomo 2 Way Jepara Lampung Timur. Untuk menganalisis kompetensi siswa setelah menggunakan pembelajaran teaching factory berbasis industri di SMK Budi Utomo 2 Way Jepara Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus (case studies) yaitu contoh kejadian sesuatu, kondisi aktual dari keadaan atau situasi, dan lingkungan atau kondisi tertentu tentang orang atau sesuatu. Sampel/objek yang menjadi sumber data primer adalah pengawas sekolah, kabag kurikulum, dan guru. Sedangkan sumber data sekunder adalah berupa dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pembelajaran teaching factory berbasis industri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa Perencanaan implementasi pembelajaran teaching factory yaitu dimulai dari perencanaan implementasi pembelajaran TEFA, setting pembelajaran TEFA, dan perencanaan produksi. Pelaksanaan pembelajaran teaching factory yaitu pembelajaran teaching factory, pelaksanaan budaya kerja industri, kompetensi siswa, proses pembelajaran keahlian atau keterampilan, pengembangan soft skill, quality control, proses penjualan/pemasaran dan purna jual/perbaikan produk, dan sistem partnership. Proses evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran teaching factory yaitu melalui proses evaluasi pembelajaran teaching factory dan perilaku evaluatif siswa.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 07/S2 Administrasi Pendidikan/2024 |
Uncontrolled Keywords: | budaya kerja industri, kompetensi siswa, pembelajaran teaching factory |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 07:32 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 07:32 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3501 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |