IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY BERBASIS INDUSTRI DI SMK BUDI UTOMO 2 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR

MARGIANTO, A. (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY BERBASIS INDUSTRI DI SMK BUDI UTOMO 2 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran teaching factory adalah model pembelajaran di SMK berbasis industri yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran teaching factory di SMK Budi Utomo 2 Way Jepara Lampung Timur. Untuk menganalisis pelaksanaan budaya kerja industri di SMK Budi Utomo 2 Way Jepara Lampung Timur. Untuk menganalisis kompetensi siswa setelah menggunakan pembelajaran teaching factory berbasis industri di SMK Budi Utomo 2 Way Jepara Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus (case studies) yaitu contoh kejadian sesuatu, kondisi aktual dari keadaan atau situasi, dan lingkungan atau kondisi tertentu tentang orang atau sesuatu. Sampel/objek yang menjadi sumber data primer adalah pengawas sekolah, kabag kurikulum, dan guru. Sedangkan sumber data sekunder adalah berupa dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pembelajaran teaching factory berbasis industri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa Perencanaan implementasi pembelajaran teaching factory yaitu dimulai dari perencanaan implementasi pembelajaran TEFA, setting pembelajaran TEFA, dan perencanaan produksi. Pelaksanaan pembelajaran teaching factory yaitu pembelajaran teaching factory, pelaksanaan budaya kerja industri, kompetensi siswa, proses pembelajaran keahlian atau keterampilan, pengembangan soft skill, quality control, proses penjualan/pemasaran dan purna jual/perbaikan produk, dan sistem partnership. Proses evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran teaching factory yaitu melalui proses evaluasi pembelajaran teaching factory dan perilaku evaluatif siswa.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 07/S2 Administrasi Pendidikan/2024
Uncontrolled Keywords: budaya kerja industri, kompetensi siswa, pembelajaran teaching factory
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 24 Feb 2025 07:32
Last Modified: 24 Feb 2025 07:32
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3501

Actions (login required)

View Item View Item