IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS X SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMKN 2 TERBANGGI BESAR

SUSANTI, ENY (2024) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS X SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMKN 2 TERBANGGI BESAR. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
cover eny.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR REFERENSI.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila Kelas X sebagai upaya meningkatkan karakter peserta didik meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif di SMKN 2 Terbanggi Besar tahun 2024. Teknik Pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik interaktif meliputi pengumpulan data, analisis data, reduksi data, penyajian data data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila terdiri dari memahami proyek penguatan profil pelajar Pancasila, menyiapkan ekosistem satuan pendidikan dan mendesain proyek penguatan profil pelajar Pancasila, pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila meliputi mengelola proyek penguatan profil pelajar Pancasila, mengolah asesmen dan melaporkan hasil proyek, evaluasi dan tindak lanjut proyek penguatan profil pelajar Pancasila berupa penguatan karakter dengan melakukan refleksi bekaitan dengan hambatan yang dihadapi selama proyek berlangsung kemudian mengevaluasi dan menindak lanjuti kebiasaan yang baik dengan menjadikan program peduli lingkungan sekolah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan dan topik KOPDAR (kompos dari daun kering) dapat menguatkan dimensi karakter profil pelajar Pancasila pada peserta didik yakni beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 28/S2 Administrasi Pendidikan/2024
Uncontrolled Keywords: Implementasi Proyek, Profil Pelajar Pancasila, Karakter.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 19 Feb 2025 07:06
Last Modified: 19 Feb 2025 07:06
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item