SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU SMAN 1 WAY SERDANG KABUPATEN MESUJI LAMPUNG

RISWANTO, BUDI (2024) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU SMAN 1 WAY SERDANG KABUPATEN MESUJI LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas supervisi akademik kepala sekolah melalui pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru di SMAN 1 Way Serdang, Kabupaten Mesuji, Lampung. Pendekatan kolaboratif dalam supervisi akademik melibatkan partisipasi aktif antara kepala sekolah dan guru dalam proses pengembangan profesional dan peningkatan kualitas pembelajaran dengan tahapan pra observasi, observasi, dan pasca observasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah melaksanakan supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif melalui tahap pra observasi, observasi, dan pasca observasi. Kepala sekolah berperan sebagai supervisor dan kolaborator membantu guru dalam merancang, melaksanakan pembelajaran, dan evaluasi sehingga terjadi peningkatan pada kualitas pembelajarannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif dapat secara signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran guru di SMAN 1 Way Serdang. Adapun kendala dalam masalah administrasi supervisi dapat diatasi kepala sekolah dengan memanfaatkan platform merdeka mengajar (PMM) yang juga terintegrasi dengan aktivitas dan supervisi guru.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 49/S2 Administrasi Pendidikan/2024
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Pendekatan Kolaboratif.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:29
Last Modified: 18 Feb 2025 04:07
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3286

Actions (login required)

View Item View Item