EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN TEKNIK “WHO AM I?” UNTUK MENINGKATKAN SELFCARE PESERTA DIDIK DI SMAN 1 WAY SEPUTIH

DIANI, NI WAYAN SANDYTA (2024) EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN TEKNIK “WHO AM I?” UNTUK MENINGKATKAN SELFCARE PESERTA DIDIK DI SMAN 1 WAY SEPUTIH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Kesehatan fisik yang baik sangat penting untuk mendukung prestasi akademik siswa. Selfcare atau perawatan diri adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan. Namun, di SMAN 1 Way Seputih, banyak siswa yang belum memahami pentingnya selfcare, sehingga berdampak negatif pada kesehatan dan prestasi akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas layanan informasi dengan teknik "Who Am I?" dalam meningkatkan selfcare siswa di SMAN 1 Way Seputih. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Pre-Experimental dengan One-Group PretestPosttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Way Seputih. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengevaluasi perubahan selfcare setelah diberikan layanan informasi dengan teknik "Who Am I?". Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest untuk menilai efektivitas intervensi yang diberikan. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam selfcare siswa setelah menerima layanan informasi dengan teknik "Who Am I?". Siswa menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental mereka. Layanan informasi dengan teknik "Who Am I?" efektif dalam meningkatkan selfcare siswa di SMAN 1 Way Seputih. Intervensi ini membantu siswa mengenali dan mengatasi kekurangan dalam perawatan diri mereka. Penelitian lebih lanjut dianjurkan untuk mengkaji efektivitas teknik ini dalam konteks yang berbeda dan dengan sampel yang lebih besar. Penerapan layanan informasi ini juga disarankan untuk diintegrasikan dalam program bimbingan dan konseling sekolah secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 043/S1 BIMBINGAN DAN KONSELING/2024
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi, Teknik Who Am I, Selfcare
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: intan arum sari
Date Deposited: 10 Feb 2025 08:23
Last Modified: 12 Feb 2025 03:02
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item