ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA HOME INDUSTRY PERMATA BAKERY MULYOSARI

Tiyas, Ervia Narimaning (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA HOME INDUSTRY PERMATA BAKERY MULYOSARI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Narimaning, T, Ervia. 2023. Analisis Strategi Pengembangan UMKM Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Home Industry Permata Bakery Mulyosari. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Dra. Hj. Ningrum, M.TA. (2) Lilian Mega Puri, S.Pd, M.Pd. Pada penelitian ini yang peneliti lakukan dengan cara mencari tahu marketing mix yang digunakan oleh Permata Bakery untuk memperoleh data dan dianalisis menggunakan metode SWOT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan UMKM untuk meningkatkan daya saing dengan metode analisis SWOT. Subjek penelitian ini adalah Pemilik, Kurir, Karyawan dan Pelanggan pada Home Industry Permata Bakery. Objek penelitian ini yaitu pada sistem strategi pengembangan UMKM untuk meningkatkan daya saing, untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal perusahaan. Penelitian ini menggunakan data primer dan skunder dengan teknik analisis data yaitu metode analisis SWOT untuk mengidentifikasi berbagai faktor-faktor internal dan eksternal secara sistematis untuk merumuskan strategi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Strength / kekuatan = 4,1, Weakness / kelemahan = 2,4, Opportunity / peluang = 3,85, Threats / ancaman = 2, Selisih hasil dari analisis faktor internal dan eksternal yaitu Kekuatan – kelemahan = ( 4,1 – 2,4 = 1,7 ), Peluang – ancaman = ( 3,85 – 2 = 1,85 ). Adapun hasil dari diagram cartesius analisis SWOT Permata Bakery berada pada Kuadran I yang mendukung strategi agresif atau Growth Oriented Strategy dimana pada kuadran tersebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan Permata Bakery memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang dengan kekuatan yang ada pada perusahaan. Strategi yang digunakan oleh Permata Bakery untuk meningkatkan daya saing yaitu strategi SO (Strength-Opportunity) karena memanfaatkan faktor kekuatan dalam merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Kunci : Strategi Pengembangan , Daya Saing, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 009/Pendidikan Ekonomi/2023
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan , Daya Saing, Analisis SWOT
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:51
Last Modified: 25 Jan 2024 02:51
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2585

Actions (login required)

View Item View Item