Wati, Rani Fajar (2023) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MASALAH BERIMPLEMENTASI PADA PROJECT. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pelaksanaan pembelajaran saat ini menuntut peserta didik untuk dapat menghubungkan pengetahuan dan keterampilan melalui aktivitas pembelajaran di kelas. Namun salah satu kendalanya yaitu masih sedikit bahan ajar atau media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika yang sesuai dengan kebutuhan sekolah saat ini, mengetahui kelayakan modul fisika berbasis masalah berimplementasi pada project, mengetahui efektivitas modul berbasis masalah berimplementasi pada project terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan mengetahui efektivitas modul berbasis masalah berimplementasai pada project terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Reserch and Development) dengan model penelitian pengembangan ADDIE yang mana terdapat lima tahapan pengembangan meliputi: analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar angket validasi, angket respon pengguna, soal tes, dan lembar observasi. Kelayakan modul fisika berbasis masalah berimplementasi pada project pada materi pemanasan global secara keseluruhan dikategorikan sangat layak dengan presentase sebesar 85,48% yang terdiri dari presentase validasi ahli media sebesar 80,06%, validasi ahli materi 86,97%, dan respon pengguna sebesar 83,43%. Modul fisika berbasis masalah berimplementasi pada project cukup efektif digunakan dalam pembelajaran dengan presentase sebesar 67% terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan presentase 62% terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: Berbasis masalah, Modul, Pengembangan, Project
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 010/Pendidikan Fisika/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Berbasis masalah, Modul, Pengembangan, Project |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 500 Ilmu Murni > Fisika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 07:27 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 07:27 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2260 |
Actions (login required)
View Item |