PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MASALAH BERIMPLEMENTASI PADA PROJECT

Wati, Rani Fajar (2023) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MASALAH BERIMPLEMENTASI PADA PROJECT. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan pembelajaran saat ini menuntut peserta didik untuk dapat menghubungkan pengetahuan dan keterampilan melalui aktivitas pembelajaran di kelas. Namun salah satu kendalanya yaitu masih sedikit bahan ajar atau media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika yang sesuai dengan kebutuhan sekolah saat ini, mengetahui kelayakan modul fisika berbasis masalah berimplementasi pada project, mengetahui efektivitas modul berbasis masalah berimplementasi pada project terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan mengetahui efektivitas modul berbasis masalah berimplementasai pada project terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Reserch and Development) dengan model penelitian pengembangan ADDIE yang mana terdapat lima tahapan pengembangan meliputi: analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar angket validasi, angket respon pengguna, soal tes, dan lembar observasi. Kelayakan modul fisika berbasis masalah berimplementasi pada project pada materi pemanasan global secara keseluruhan dikategorikan sangat layak dengan presentase sebesar 85,48% yang terdiri dari presentase validasi ahli media sebesar 80,06%, validasi ahli materi 86,97%, dan respon pengguna sebesar 83,43%. Modul fisika berbasis masalah berimplementasi pada project cukup efektif digunakan dalam pembelajaran dengan presentase sebesar 67% terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan presentase 62% terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: Berbasis masalah, Modul, Pengembangan, Project

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 010/Pendidikan Fisika/2023
Uncontrolled Keywords: Berbasis masalah, Modul, Pengembangan, Project
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:27
Last Modified: 12 Dec 2023 07:27
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2260

Actions (login required)

View Item View Item