Abdulloh, Crisadi (2022) IMPLEMENTASI METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN LAMPUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
Salah satu persoalan pembelajaran Kemuhammadiyahan adalah masih rendahnya tingkah laku peserta didik belum mencerminkan ciri pelajar Muhammadiyah yaitu berilmu, berakhlak mulia, terampil, dan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam. Mata pelajaran Kemuhammadiyahan merupakan materi yang diajarkan di SMP Muhammadiyah Gedong Tataan. Adapun langkah yang dilakukan guru mata pelajaran adalah melalui Implementasi Metode Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Metode Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Lampung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 3 ( tiga ) siklus dengan 4 (empat ) kali pertemuan dan menggunakan metode Jigsaw. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Obserfasi, Test, Wawancara dan Dokumentasi. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah Gedong Tataan Kabupaten Peswawaran Lampung. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduction, data display dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian setelah menggunakan metode Jigsaw menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang cukup signifikan pada setiap siklus yang dilalui, tidak hanya hasil yang berupa pencapaian nilai KKM yang di tetapkan oleh sekolah saja namun juga bisa merubah peserta didik untuk bisa mencerminkan ciri pelajar Muhammadiyah yaitu Berilmu, Berakhlak mulia, Terampil, dan Menjunjung tinggi nilai-nilai Islam. Jika dilihat dari presentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I, jumlah peserta didik yang tuntas (16,67%), kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yakni jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak (55,55%), dan pada siklus ke III, banyak sekali mengalami peningkatan dari jumlah peserta didik 18 orang anak yang dinyatakan tuntas berjumlah 16 orang peserta didik dengan presentase (88,89%) dan 2 pesertadidik dilakukan pengayaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 018/PAI/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Metode Jigsaw, Hasil belajar |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khusnul Nisa A |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 06:39 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 06:39 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1896 |
Actions (login required)
View Item |