Adinata, Arkhan (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH PEKALONGAN LAMPUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
1 COVER.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
2 BAB I.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
4 BAB III.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
6 BAB V.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan pada masa ini hanya berfokus pada problematika, perencanaan dan mencari solusi dalam masalah pembelajaran Al-Islam di kelas VII agar pelaksanaan belajar dilaksanakan dengan baik oleh guru dan siswa dimasa covid19. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Implementasi pembelajaran AlIslam pada masa pandemi covid-19 di SMP Muhammadiyah Pekalongan Lampung. (2) Mengetahui Apakah problematika pembelajaran Al-Islam selama masa pandemi covid-19 di SMP Muhammadiyah Pekalongan Lampung. (3) Mengetahui Bagaimana upaya penyelesaian pembelajaran Al-Islam pada masa pandemi covid-19 di SMP Muhammadiyah Pekalongan Lampung. Pendidikan SMP Muhammadiyah Pekalongan pembelajaran yang dulunya berlangsung di dalam kelas bersama guru dan teman lainnya kini perlu dilakukan dari jarak jauh di rumah bersama orang tua, bukan dengan teman. Kondisi ini harus diterima secara sadar oleh seluruh sekolah dalam tahapan pelaksanaan. Hal ini jika pembelajaran dilakukan secara tatap muka maka harus bersentuhan dengan wabah virus Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan datang dilakukan dengan tiga cara yaitu: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran Al-Islam covid-19 di SMP Muhammadiyah dalam pelaksanaan pembelajaran yang ditetapkan oleh pihak sekolah adalah mengikuti apa yang telah ditetapkam oleh pemerintah, yaitu pembelajaran secara jarak jauh atau yang disebut daring, semua jenis kegiatan siswa disekolah dilakukan secara daring dengan menetapkan sistem atau aplikasi yang mudah di pahami oleh guru dan siswa. (2) Problematika pembelajaran Al-Islam covid-19 di SMP Muhammadiyah guru atau peserta didik keterbatasan sarana dan prasarana sehingga rendahnya motivasi belajar siswa. (3) upaya penyelesaian pembelajaran Al-Islam covid-19 di SMP Muhammadiyah belajar melalui aplikasi yang telah disepakati oleh guru dan memberikan kuota bagi siswa yang tidak mempunyai, sekolah pun memberikan pelajaran secara tatap muka dalam seminggu di bagi menjadi dua pertemuan akan tetapi di bataskan jumlah siswa dan mengikuti protokol kesehatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 014/PAI/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran Al-Islam, Covid-19 |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khusnul Nisa A |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 07:43 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 07:43 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1874 |
Actions (login required)
View Item |