PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 KIBANG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

lestari, sri puji (2021) PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 KIBANG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Peningkatan kinerja guru sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan pendidikan . Adapun kinerja guru merupakan hasil yang dapat dicapai oleh guru dalam melaksanakan tugas-tugas yang diamanahkan kepadanya, yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan. Untuk meningkatkan kinerja guru dibutuhkan peranan kepala sekolah. Permasalahan penelitian adalah bagaimana peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SMA Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur?. Bagaimana langkah-langkah kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur?. Bagaimana kendala-kendala dan soulusi kepala sekolah dan soulusi dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur?. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur, menyebutkan langkah-langkah kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur, menguraikan kendala- kendala dan solusi kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur. Hasil penelitian, Peranan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kibang, cara kepala sekolah meningkatkan kinerja guru adalah dengan pembinaan disiplin, menjadi teladan bagi guru dan peserta didik, mengadakan seminar dan pelatihan, bekerja sama dengan lembaga pendidikan lain, memberi kesempatan kepada guru untuk saling mengadakan supervisi, menyediakan dan mengoptimalkan sarana dan perlengkapan pendidikan. Pemberian motivasi kepada guru, kerja sama yang harmonis, melibatkan guru dalam setiap kegiatan, berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan guru dalam menjalankan tugasnya, pemberian penghargaan kepada guru untuk meningkatkan kinerja, memberikan rasa aman di sekolah, damai, menerapkan prinsip kekeluargaan yang didasari niat ibadah. Kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah Belum efektifnya evaluasi program, Mekanisme kontroling dan evaluasi,. Solusi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah mengefektifkan evaluasi program pembelajaran, meningkatkan kontrol dan evaluasi program kegiatan, mengajak atau melibatkan wali peserta didik dalam perencanaan program sekolah, melengkapi sarana prasarana baik dengan pengadaan barang maupun pengajuan bantuan terhadap pemerintah, melakukan penataan dengan menyiapkan ruangan khusus untuk dokumen sekolah, melaksanakan program supervisi dan tindak lanjut, melaksanakan pelatihan-pelatihan baik tentang metode pembelajaran maupun tentang peningkatan penguasaan teknologi para tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 032/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021
Uncontrolled Keywords: Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:09
Last Modified: 15 Mar 2022 07:09
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item