CAHYANINGSIH, VINCENCIA AMBAR (2024) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SEBAGAI HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL TUMBUHAN BERBASIS KEGIATAN LABORATORIUM SISWA KELAS XI SMA YOS SUDARSO METRO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Biologi merupakan ilmu yang berkaitan dengan cara mencari tahu dan mempelajari aspek kehidupan makhluk hidup di alam semesta. Biologi bukan hanya berisi konsep atau teori tetapi juga mencakup proses dan sikap yang kesemuanya perlu dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui keterampilan proses sains pada materi Sel Tumbuhan Peserta Didik SMA Yos Sudarso Metro. 2) untuk mengetahui kesulitan keterampilan proses sains pada materi Sel Tumbuhan Peserta Didik SMA Yos Sudarso Metro. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Yos Sudarso Metro tahun pelajaran 2023/2024 yang dilaksanakan dua kali pertemuan dengan melibatkan 30 peserta didik pada materi Sel Tumbuhan. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains pada saat kegiatan penelitian berbasis kegiatan praktikum dan hasil belajar dengan menggunakan tes evaluasi tertulis soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini berupa keterampilan proses sains dan kesulitan yang dialami peserta didik pada saat pembelajaran yaitu : (1) bentuk keterampilan pada setiap indikator keterampilan proses sains adalah (a) Pada keterampilan menggunakan alat dan bahan peserta didik yang mampu menggunakan alat dan bahan dengan baik dan dapat menyebutkan fungsi dari bagian mikrsokop sebesar 36,6%. (b) pada keterampilan mengobservasi peserta didik yang mampu mengamati objek dengan baik dan dapat menyebutkan organel sel beserta fungsi sebesar 10%. (c) pada keterampilan berkomunikasi peserta didik yang mampu menyampaikan hasil perolehan dengan tepat dan lengkap sebesar 0,3%. (2) bentuk kesulitan yang dialami oleh peseta didik tiap soal pada materi sel tumbuhan yaitu : (a) persentase rata-rata kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam menyelesaikan sub menyebutkan penemu sel adalah 10%. (b) persentase ratarata kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam menyelesaikan sub menganalisis organel sel adalah 25,2%. (c) persentase rata-rata kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam menyelesaikan sub menganalisis fungsi organel sel adalah 21,6%.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 014/S1 Pend. Biologi/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Proses Sains, hasil belajar, berbasis kegiatan laboratorium |
Subjects: | 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 03:41 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 03:41 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |