IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MUATAN LOKAL DI SMA MUHAMMADIYAH BRAJA SELEBAH LAMPUNG

JANNAH, WAHULIL (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MUATAN LOKAL DI SMA MUHAMMADIYAH BRAJA SELEBAH LAMPUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI revisi - Copy.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
a. BAB I SKRIPSI revisi - Copy.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
c. BAB III skripsi revisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
e. BAB V revisi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
f. DAFTAR PUSTAK revisi.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

SMA Muhammadiyah Braja Selebah sudah menerapkan kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2023/2024 terkhusus dikelas X (sepuluh). Kurikulum merdeka ini memberikan peluang kepada siswa untuk dapat mengasah bakat dan minat siswa, fokus kepada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan lokal kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, mengetahui implementasi kurikulum merdeka, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi kurikulum merdeka di SMA Muhammadiyah Braja Selebah Lampung. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi secara mendalam tentang kekhasan yang ada di SMA Muhammadiyah Braja Selebah ini dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah konsep analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian peneliti dapat memberikan Kesimpulan bahwa. Implementasi kurikulum merdeka di SMA Muhammadiyah Braja Selebah yaitu mengikuti tahapan yang ada didalam kurikulum merdeka, mengadakan P5 dengan menerapkan kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya ketika jam istirahat pertama, kemudian menyanyikan lagu padamu negeri setelah doa akan pulang, selain itu guna mendukung dimensi dalam P5 sekolahan mengadakan kegiatan MILAD Muhammadiyah ke-111 guna menerapkan dimensi gotong royong di SMA Muhammadiyah Braja Selebah, selain itu telah menggunakan buku kurikulum merdeka. Kemudian Muatan lokal kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam diantaranya melaksanakan sholat dhuha, mengaji, sholat jum’at, kajian putri, sholat dzuhur, dan kultum. Faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi anak untuk mengikuti proses pembelajaran, kebijakan kurikulum yang belum sepenuhnya menggunakan kurikulum merdeka, kurangnya media pembelajaran. Sementara faktor pendukung nya adalah motivasi anak untuk belajar, dukungan dari orang tua siswa, sarana dan prasarana yang sudah memadai, serta kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 05/S1 Pendidikan Agama Islam/2024
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Muatan Lokal
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:25
Last Modified: 26 Feb 2025 07:25
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3603

Actions (login required)

View Item View Item