STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNG TIMUR

AGTESYA, FIRNA (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNG TIMUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Salah satu fenomena kecerdasan emosional pada siswa pada saat ini seringkali mencerminkan kurangnya kemampuan mereka dalam mengelola emosi. Banyak siswa menghadapi kesulitan dalam mengenali dan mengatasi perasaan negatif, seperti stres atau kecemasan. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja akademis dan hubungan sosial mereka, karena kecerdasan emosional yang rendah dapat menghambat kemampuan beradaptasi dan berinteraksi secara positif dalam lingkungan sekolah. Diperlukan upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan kecerdasan emosional guna membantu siswa menghadapi tantangan emosional sehari-hari. Strategi pembelajaran adalah sebuah rencana, metode dan perangkat aktiftas yang terencana agar dapat meraih tujuan pembelajaran. Mengingat pentingnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam didalam pembelajaran Agama Islam salah satunya pembelajaran Agama Islam. Maka dari itu untuk meningkatkan kecerdasan emosional di SMP Muhammadiyah 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur membutuhkan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMP Muhammadiyah I Bandar Sribawono Lampung Timur, Untuk mengetahui Bagaimana kondisi kecerdasan Emosional siswa di SMP Muhammadiyah 1 Bandar Sribawono Lampung Timur, Untuk mengetahui Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMP Muhammadiyah I Bandar Sribawono Lampung Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Metode kualitatif deskriptif, sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, alat pengumpul data yang digunakan Wawancara, observasi dan dokumentasi, Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data data penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur adalah strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran afektif. serta kegiatan yang mendukung seperti shalat dhuha, membaca Al-Qur’an, Ikatan pelajar Muhammadiyah (IPM) dan keputrian. Kondisi kecerdasan emosional siswa di SMP Muhammadiyah 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur menunjukkan pola yang berbeda-beda berdasarkan jenjang kelasnya, Siswa kelas 7 belum stabil karena peralihan dari SD ke SMP jadi masih diperlukan nya bimbingan, sedangkan kelas 8 masih sama dengan kelas 7, kelas 9 pada umumnya kecerdasan emosional nya sudah lebih baik Karena sudah lebih dewasa dan mampu mengelola emosinya. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa yaitu peran guru, yang kedua peran orang tua, berperan sangat penting untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada anak yang akan berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan emosionalnya, ketiga lingkungan yang baik. Sedangkan faktor pengambat Startegi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Bandar Sribawono Lampung Timur kurangnya kesadaran dari dalam diri siswa, lingkungan yang kurang mendukung dan keterbatasan perangkat media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 27/S1 Pendidikan Agama Islam/2024
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 26 Feb 2025 02:55
Last Modified: 26 Feb 2025 02:55
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3573

Actions (login required)

View Item View Item