PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SMP NEGERI SE KECAMATAN BATANGHARI

ANTRISIA, FEBRIKA (2024) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SMP NEGERI SE KECAMATAN BATANGHARI. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATURE.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan kerja merupakan salah satu fungsi operatif dari manajemen sumber daya manusia dan mempunyai peranan penting. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri Se Kecamatan Batanghari. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri Se Kecamatan Batanghari. Untuk mengetahui supervisi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru berpengaruh secara simultan terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri Se Kecamatan Batanghari. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Negeri Se Kecamatan Batanghari yang terdiri dari 3 SMP Negeri dengan jumlah total guru sebanyak 97 orang guru yakni di SMP Negeri 1 Batanghari sebanyak 44 guru, SMP Negeri 2 Batanghari sebanyak 26 guru, dan SMP Negeri 3 Batanghari sebanyak 27 guru. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa pada variabel supervisi kepala sekolah (X 1 ) sebesar 1,244 sehingga t yaitu 1,244>1,697 dan nilai signifikansi 0,024<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa supervisi kepala sekolah memiliki arah yang positif dan signifikan dengan disiplin kerja guru. Pada variabel kompetensi pedagogik (X ) sebesar 0,817 sehingga t hitung > t tabel 2 yaitu 0,817<1,697 dan nilai signifikansi 0,021<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik memiliki arah yang positif dan signifikan dengan disiplin kerja guru. Supervisi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja guru. dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 8,784 dan F sebesar 3,32 dengan signifikansi F sebesar 0,007 dengan probabilitas <0,05. Oleh karena F tabel lebih besar dari F (8,784>3,32), dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,007 < 0,05).

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 17/S2 Administrasi Pendidikan/2024
Uncontrolled Keywords: disiplin kerja, kompetensi pedagogik, supervisi kepala sekolah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:51
Last Modified: 20 Feb 2025 06:51
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3473

Actions (login required)

View Item View Item