PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP

ZULFITRI, EKA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-Modul berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif materi sistem pencernaan manusia IPA kelas VIII SMP, untuk mengetahui tingkat kelayakan produk E-Modul materi sistem pencernaan manusia IPA kelas VIII SMP, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif terhadap penggunaan E-Modul materi Sistem Pencernaan Manusia IPA kelas VIII SMP. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu model 4-D, model ini terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Desseminate). Subjek uji coba kelompok kecil terdiri dari 10 sampel peserta didik kelas kelas VIII SMP Ma?arif 9 Seputih Banyak dan subjek uji coba lapangan sebanyak 25 sampel peserta didik kelas kelas VIII SMP Ma?arif 9 Seputih Banyak. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar penilaian berupa angket respon dan tes hasil belajar kognitif. Teknik analisis data menggunakan N-gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif materi sistem pencernaan manusia IPA kelas VIII SMP menurut ahli desain, ahli bahasa, dan ahli materi dalam kriteria Sangat Baik dengan persentase validasi ahli desain yaitu 90%, validasi ahli bahasa yaitu 89%, validasi ahli materi yaitu 90%, dan mendapat respon positif dari peserta didik yaitu dengan persentase 90% dengan kriteria Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 006/S2 Pendidikan Biologi/2024
Uncontrolled Keywords: e-modul, inkuiri terbimbing, sistem pencernaan manusia
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dharma Prasetyawan
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:36
Last Modified: 12 Feb 2025 07:36
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3161

Actions (login required)

View Item View Item