ANALISIS PEMBELAJARAN DAN PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LEMBAGA PAUD KOTA METRO LAMPUNG

ARBASARI, MAYA (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DAN PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LEMBAGA PAUD KOTA METRO LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Literatur .pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh belahan dunia berdampak serius, di mana pendidikan di semua jenjang telah berhenti belajar tatap muka danberalih ke sistem pembelajaran online atau jarak jauh. Akibatnya, perubahan metodepembelajaran yang sangat mendadak, menimbulkan sistem dalam pembelajaranberubah. Pembelajaran PAUD bersifat holistik dan terpadu, yang mengembangkansemua aspek. Pembelajaran bersifat terpadu dan tidak mengajarkan bidang studisecara terpisah sehingga satu kegiatan dapat menjadi wahana belajar berbagai halbagi anak. Untuk itu diperlukan upaya guru yang efektif untuk meningkatkanpembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran, bagaimana pencapaianperkembangan anak dan apa upaya guru untuk meningkatkan pembelajaran padamasa pandemi Covid-19 di Kota Metro. Maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi proses pembelajaran PAUD pada masa pandemi Covid-19,mengidentifikasi pencapaian perkembangan anak, dan mendeskripsikan upaya guruuntuk meningkatkan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di Lembaga PAUDKota Metro. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatifdeskriptif. Penelitian ini dilakukan di Lembaga PAUD TK Cahaya Bangsa dan TKAisyiyah Iringmulyo pada masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020 – 2021. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket danstudi dokumentasi. Analisis data melalui empat tahap yaitu : pengumpulan data,reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pembelajaranuntuk masa pademi Covid-19 Lembaga PAUD membuat Kurikulum khusus.Pemilihan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru PAUD adalahmenggunakan metode luring dan daring. Materi pembelajaran yang di pilih oleh guruPAUD adalah memberikan peserta didik materi yang tidak memberatkan orangtuadan menyesuaikan lingkungan rumah tinggal dimana alat dan bahan mudahdiperoleh. Aplikasi yang digunakan guru PAUD di Kota Metro dalam menyampaikan pembelajaran menggunakan media Whatsapp group (WA), zoom meeting, quizizzdan simple paint. Upaya guru dalam meningkatkan ketercapaian perkembangan anak meliputi enam aspek perkembangan yaitu aspek nilai agama dan moral, aspek fisik motorik, aspek kognitif, aspek bahasa, aspek sosial emosional dan aspek seni.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 022/PASCA ADMINISTRASI PENDIDIKAN/2022
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAUD, Pencapaian Perkembangan anak, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Lina Septriani S
Date Deposited: 11 Feb 2025 02:02
Last Modified: 11 Feb 2025 02:02
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3071

Actions (login required)

View Item View Item