PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 METRO

AINI, ZUHROTUL (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. COVER_compressed (1).pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi remaja adalah kurangnya kepercayaan diri yang dapat mempengaruhi proses belajar. Remaja yang memiliki kepercayaan diri yang rendah sering kali tidak berani mengemukakan pendapat atau menjawab pertanyaan di kelas, yang berdampak pada hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling kelompok dengan teknik simulation games. Metode yang digunakan adalah eksperimen pretest-posttest dengan sampel 12 siswa kelas VIII di SMP Negeri 04 Metro, dipilih melalui purposive sampling berdasarkan tingkat kepercayaan diri (tinggi, sedang, rendah). Intervensi dilakukan dalam tiga sesi konseling kelompok pada bulan Juli 2024. Data dikumpulkan menggunakan angket kepercayaan diri sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) intervensi. Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan paired sample t-test dengan software JAMOVI versi 2.3. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri siswa dari skor rata-rata 71.8 (pretest) menjadi 86.3 (posttest) dengan nilai p < 0.001 dan Cohen’s d sebesar 1.48. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan sampel yang lebih besar dan beragam untuk meningkatkan generalisasi hasil penelitian, serta mempertimbangkan variabel lain seperti jenis kelamin dan latar belakang sosialekonomi yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 045/S1 BIMBINGAN DAN KONSELING/2024
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Konseling Kelompok, Teknik Simulation Games
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: intan arum sari
Date Deposited: 10 Feb 2025 07:47
Last Modified: 12 Feb 2025 03:03
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3056

Actions (login required)

View Item View Item