EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK PROBLEM-SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 1 METRO

SARI, ANISA (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK PROBLEM-SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 1 METRO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Dalam konteks interaksi proses belajar siswa yang kurang termotivasi. Penelitian mengungkapkan upaya peningkatan motivasi belajar siswa, siswa melalui kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik problem solvingsecara efektifdi SMPN 1 kota Metro. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui profil motif belajar siswa sebelum layanan (prestest), Untuk Mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving,Untuk Mengetahui profil motivasi belajar setalah layanan (posts),Untuk Mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving terhadap motivasi belajar,.metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dengan desain penelitianya menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menujukan peningkatan terhadap motivasi belajar setelah diberikan layanan dengan nilai ratarata sebesar 93,8 %, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik problem solving secara efektif,pada uji normalitas di dapatkan normal dan pada uji Paired SampleT Test nilai sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan terdapat adanya perbedaan pada variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan adanya Efeketive pada perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa guru bimbingan dan konseling dapat berberperan aktif dalam dalam memotivasi siswa untuk meminati pelajaran yang mereka kurang sukai, dan dengan layanan Bimbingan Kelompok dengan menggunakan teknik problem soving sangat efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 054/S1 BIMBINGAN DAN KONSELING/2024
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok,Efektivitas,Teknik Problem Solving
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: intan arum sari
Date Deposited: 06 Feb 2025 07:53
Last Modified: 12 Feb 2025 02:49
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2992

Actions (login required)

View Item View Item