PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP SOCIAL LOAFING PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 KOTAGAJAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Wulandari, Adelia (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP SOCIAL LOAFING PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 KOTAGAJAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Adelia. 2023. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Social Loafing Peserta Didik di SMP Negeri 1 Kotagajah. Skripsi. Jurusan Ilmu Pendidikan. Program Studi Bimbingan dan Konseling. FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Dr. Agus Wibowo, M.Pd., (II) Hadi Pranoto, M.Pd., Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi Kelompok, Social Loafing Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada fenomena yang terjadi di SMP Negeri 1 Kotagajah bahwa terdapat peserta didik yang memiliki social loafing yang cenderung tinggi. Fenomena yang terjadi seperti peserta didik kurang berkontribusi dalam kerja kelompok atau tugas kelompok daripada tugas mandiri, cenderung mengandalkan teman saat mengerjakan tugas, bersikap pasif, dan menurunya motivasi untuk terlibat dengan orang lain atau kelompok. Melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok diharapkan dapat mengurangi social loafing peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap social loafing peserta didik di SMP Negeri 1 Kotagajah. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and post-test design. Subjek pada penelitian ini adalah tujuh peserta didik SMP Negeri 1 Kotagajah kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tentang social loafing. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat adanya pengaruh pada peserta didik sebelum dan sesudah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Nilai rata-rata pre-test 68,86 dan hasil post-test 103,57. Diketahui nilai rata-rata hasil post-test lebih tinggi dibandingkan hasil pre-test dan menunjukkan adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap social loafing peserta didik. Hal ini diperkuat dengan hasil perhitungan uji t yang menunjukkan t hitung >t tabel (6,078>1,94318) dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil analisis uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak H 1 diterima yang berarti bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap social loafing peserta didik di SMP Negeri 1 Kotagajah tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 015/Bimbingan & Konseling/2023
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi Kelompok, Social Loafing
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:56
Last Modified: 26 Feb 2024 07:56
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2837

Actions (login required)

View Item View Item