PENGARUH GURU BK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK TERHADAP DAMPAK PEMBELAJARAN SECARA DARING MELALUI KEGIATAN HOME VISIT

Ramadhan, Dananda Kurnia (2023) PENGARUH GURU BK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK TERHADAP DAMPAK PEMBELAJARAN SECARA DARING MELALUI KEGIATAN HOME VISIT. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kurnia, Dananda. 2023. Pengaruh Guru BK dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Terhadap Dampak Pembelajaran Secara Daring Melalui Kegiatan Home Visit. Jurusan pendidikan Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling. FKIP. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Hadi Pranoto, M. Pd., dan Pembimbing (II) Mudaim, M. Si. Kata kunci: Guru BK, Pembelajaran Daring, dan Home Visit. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: adakah Upaya guru bimbingan dan konseling meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran secara daring melalui kegiatan home visit?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Guru BK dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Terhadap Dampak Pembelajaran Secara Daring Melalui Kegiatan Home Visit. Berdasarkan hasil prasurvei yang dilakukan di SMK KP Gajah Mada 1 Metro dengan menggunakan metode obervasi dan wawancara dengan guru bimbingan dan konseling, didapatkan hasil yaitu peserta didik belum mampu untuk belajar dengan baik saat pandemi. Hal tersebut berdampak pada kegiatan pembelajaran peserta didik yang belum efektif, tugas dari guru bimbingan dan konseling adalah memberikan pemahaman dan keterampilan. Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis ex post facto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Pengecekan keabsahan data dapat menggunakan teknik probability sampling. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisa menggunakan SPSS 25 peneliti mendapatkan hasil uji statitikal hipotesis sebesar 0,03 yang artinya r hitung lebih kecil dibandingkan r tabel yang artinya hipotesis diterima maka dapat disimpulkan Adanya Pengaruh Guru BK dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Terhadap Dampak Pembelajaran Secara Daring Melalui Kegiatan Home Visit. Kegiatan Home Visit yang dilakukan oleh Guru BK ternyata berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap hasil keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran daring sekitar 98%. Kegiatan home visit sangat penting dilakukan Guru Bimbingan dan Konseling untuk menganalisa tingkat mentalitas anak dalam menjalani pembelajaran secara daring, tidak hanya itu ternyata dengan adanya kegiatan home visit anak merasa lebih diperhatikan dan termotivasi untuk aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 017/Bimbingan & Konseling/2023
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Pembelajaran Daring, dan Home Visit
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:39
Last Modified: 26 Feb 2024 07:39
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2835

Actions (login required)

View Item View Item