Anggraini, Mega Alfia (2023) HUBUNGAN RASA RENDAH DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR DI TINJAU DARI JENIS KELAMIN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 METRO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Alfia, Mega. 2022. Hubungan Rasa Rendah Diri dengan Prestasi Belajar di Tinjau dari Jenis Kelamin Peserta Didik di SMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurusan pendidikan Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling. FKIP. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Prof. Dr. Marzuki Noor., M. S., dan Pembimbing (II) Mudaim, M. Si. Kata kunci: Rendah Diri, Prestasi Belajar, dan Jenis Kelamin. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: adakah hubungan antara rasa rendah diri ditinjau dari jenis kelamin dengan prestasi belajar pada peserta didik?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui hubungan antara rasa rendah diri ditinjau dari jenis kelamin dengan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 5 Metro kelas VIII. Berdasarkan hasil prasurvei pada tanggal 10 November 2021 yang peneliti lakukan di SMP Negeri 5 Metro peserta didik kelas VIII bahwa prestasi belajar rendah. Terdapat beberapa peserta didik yang mengalami masalah dalam prestasi belajar karena adanya ketidakpercayaan diri terhadap diri sendiri dan keadaannya yang membuat lemah dan pasrah. Yang menyebabkan mereka akan menarik diri dari lingkungannya dan akan lebih nyaman apabila menyendiri. Mereka tidak bisa untuk menghadapi permasalahannya bahkan merasa gagal dan tidak akan menjadi orang sukses. Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik berdasarkan jenis kelamin kelas VII SMP N 5 Metro Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 30 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan skala likert rendah diri dan skala likert prestasi belajar. Instrumen skala sebelum disebarkan, sudah diuji validitasnya kepada dosen ahli, dan sudah uji validitas dan reliabilitas menggunakan bantuan program SPSS versi 2.5. Setelah mendapatkan data, selanjutnya data dihitung uji normalitas dengan rumus Cronbach-Alpha dan uji hipotesis dengan rumus Pearson Prouct Moment menggunakan bantuan SPSS versi 2.5. Kesimpulan hasil penelitian ini berdasarkan hasil perhitungan SPSS 2.5 Pearson Product Moment, diketahui nilai sig. (2-tailed) antara Rendah diri dan prestasi belajar pada peserta didik laki-laki adalah sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel rendah diri dan prestasi belajar. Didapatkan nilai r hitung sebesar 0,264 dan r tabel 0,514. Berdasarkan hasil yang sudah diperoleh, terdapat tanda bintang yang diberikan SPSS pada nilai pearson correlation, maka dapat diambil keputusan bahwa antara variabel yang dianalisis terjadi korelasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 023/Bimbingan & Konseling/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Rendah Diri, Prestasi Belajar, dan Jenis Kelamin |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling 300 Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:38 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:38 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2822 |
Actions (login required)
View Item |