Fadhiilah, Laila (2023) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENGURANGI KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fadhiilah, Laila. 2023. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Pada Siswa Kelas XI Di MAN 1 Lampung Timur. Skripsi Jurusan/Prodi Bimbingan dan Konseling. FKIP. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Mudaim, M.Si., Pembimbing (2) Hadi Pranoto, M.Pd., Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Permainan Ular Tangga, Kenakalan Remaja Rumusan masalah penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan media permainan ular tangga untuk mengurangi kenakalan remaja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui asil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap masalah kenakalan remaja dengan menggunakan media permainan ular tangga. Kenakalan remaja yaitu suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan hukum dalam masyarakat yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal. Media permainan ular tangga merupakan permainan berkelompok yang akan melatih siswa untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga akan mendapat pengalaman baru dari orang lain. Ketika terjadi suatu interaksi maka akan terjadi suatu komunikasi. Layanan bimbingan kelompok merupakan suatu layanan guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa mengentaskan masala dalam mengembangkan pemahaman.Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu teknik kualitatif deskriptif dengan melaksanakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwha: (1) Masalah kenakalan remaja yang dimiliki siswa ditandai dengan adanya perilaku menyimpang yang dilakukan baik itu disekolah maupun diluar sekolah. (2) Tahap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan empat tahapan yaitu: tahap pembukaan, tahap peralihhan, dan tahap pengakhiran. (3) Hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok siswa memiliki kemauan untuk mengurangi kenakalan remaja tersebut dengan merubah perilakunya menjadi lebih baik lagi, kemauan siswa yang sederhana yaitu siswa bisa lebih tertib dalam mentaati segala aturan yang berlaku disekolah maupun diluar sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 043/Bimbingan & Konseling/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Permainan Ular Tangga, Kenakalan Remaja |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling 300 Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:35 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:35 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2782 |
Actions (login required)
View Item |