PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN EMPATI TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (SPECIAL NEED) DI SMP MUHAMMADIYAH 1 METRO

Putri, Annisa Seftiana (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN EMPATI TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (SPECIAL NEED) DI SMP MUHAMMADIYAH 1 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putri, Annisa Seftiana. 2023. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Empati Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Special Need) di SMP Muhammadiyah 1 Metro. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Muhammadiyah metro. Pembimbing (I) Hadi Pranoto, M.Pd. (II) Dr. Eko Susanto, M.Pd., Kons. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Meningkatkan Empati. Rumusan masalah penelitian ini adalah : Apakah Ada Pengaruh Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Empati Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Special Need) di SMP Muhammadiyah 1 Metro ?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan kelompok menggunakan audio visual untuk meningkatkan empati terhadap siswa berkebutuhan khusus (special need). Jenis penelitian ini memiliki sifat kuantitatif dan menggunakan desain penelitian pretest-posttest one group design. Dalam penelitian ini, satu kelompok subjek melakukan pre-test dan post-test. Fokus penelitian adalah untuk mengumpulkan data mengenai dampak layanan bimbingan kelompok menggunakan media audio visual dalam meningkatkan empati siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui pengisian angket empati oleh subjek penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t-test menggunakan aplikasi JASP versi 16.4. Hasil analisis uji t-test pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan sebesar 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dalam penelitian ini. Kesimpulan pada penelitian ini mengindikasikan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan media audio visual dapat meningkatkan empati terhadap siswa berkebutuhan khusus (special need). Penggunaan media audio visual diharapkan dapat menjadi pendekatan yang lebih efektif dalam membantu siswa dalam meningkatkan tingkat empati mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 050/Bimbingan & Konseling/2023
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Meningkatkan Empati
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:19
Last Modified: 05 Feb 2024 07:19
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2757

Actions (login required)

View Item View Item