Muliawati, Rina (2023) PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS HOTS MENGGUNAKAN WORDWALL UNTUK KELAS XI SMA 2 MUHAMMADIYAH METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Other
COVER.PDF Download (871kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Muliawati, Rina. 2023. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Ekonomi Berbasis HOTS Menggunakan Wordwall Untuk Kelas XI SMA 2 Muhammadiyah Metro. Skripsi. Jurusan Pendidikan IPS. Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Tiara Anggia Dewi, M.Pd. (2) Fajri Arif Wibawa, M.Pd. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Berbasis HOTS, Wordwall Evaluasi Pembelajaran adalah kegiatan atau proses untuk menentukan tingkat pencapaian peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap guru dan peserta didik kelas XI SMA 2 Muhammadiyah Metro diketahui bahwa evaluasi pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya membantu peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi. Hal ini dikarnakan evaluasi pembelajaran yang digunakan pada saat evaluasi pembelajaran masih menggunakan buku cetak dan LKS. Untuk itu peneliti mengembangkan Evaluasi Pembelajaran Ekonomi berbasis HOTS Menggunakan Wordwall. Penelitian ini yang dilakukan di SMA 2 Muhammadiyah Metro dengan menggunakan evaluasi pembelajaran ekonomi berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan evaluasi pembelajaran ekonomi berbasis HOTS yang valid dan praktis. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan melalui 4 tahap yaitu (1) Analysis tujuannya untuk mencari permasalahanya, kemudian di indentifikasikan pemecahan masalahnya. (2) Design tujuannya untuk merencang produk evaluasi pembelajaran ekonomi berbasis HOTS. (3) Development tujuannya untuk pengujian produk media pembelajaran yang divalidasi 1 ahli media, 1 ahli evaluasi pembelajaran, dan 1 ahli materi. (4) Implementation tujuannya untuk mengukur praktis atau tidaknya evaluasi pembelajaran ekonomi berbasis HOTS. (5) Evaluation, Peneliti tidak sampai pada tahap evaluasi karena hanya mengukur evaluasi pembelajaran sampai valid dan praktis. Hasil validasi ahli media menilai sangat valid dengan presentase sebesar (85,33%). Ahli evaluasi pembelajaran menilai sangat valid (88%). Ahli materi (92%). Respon peserta didik menilai sangat praktis dengan presentase sebesar (93,6%). Berdasarkan hasil analisis pengujian ahli media, ahli materi evaluasi pembelajaran, ahli materi dan respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran ekonomi berbasis HOTS menggunakan wordwall yang telah dikembangkan oleh peniliti sangat layak dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMA 2 Muhammadiyah Metro.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 008/Pendidikan Ekonomi/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pembelajaran, Berbasis HOTS, Wordwall |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi 300 Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 03:13 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 03:13 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2588 |
Actions (login required)
View Item |