Susanti, Suci (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP KEMAMPUAN EKPLANASI SEJARAH KELAS X DI SMK NEGERI 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (805kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Suci Susanti. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here (ETH) terhadap Kemampuan Ekplanasi Sejarah Kelas X di SMK Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2022/2023.Skripsi, Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I). Kuswono, M.Pd. Pembimbing (II) Umi Hartati, M.Pd. Kata Kunci: Eksplanasi Sejarah, Every one is a Teacher Here (ETH), Pembelajaran Aktif. Pembelajaran di kelas tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan hasil belajar pada ranah kognitif saja melainkan juga aspek afektif dan juga psikomotor. Kemampuan eksplanasi sejarah merupakan salah satu bagian penting pada aspek skill pada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan penjelasan materi pelajaran.Tujuan Penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here (ETH) terhadap Kemampuan Ekplanasi Sejarah Kelas X di SMK Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan mengambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen dan X Akuntansi sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan merupakan skor eksplanasi sejarah peserta didik setelah diberikan soal. Data tersebut kemudian di analisis menggunakan statistika uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap kemampuan eksplanasi sejarah pada peserta didik kelas X di SMK Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai uji-t menggunakan bantuan SPSS yaitu t hitung > t tabel (2,645 > 2,02). Selain itu, adanya pengaruh pemberian perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran aktif Every one is a Teacher Here (ETH) juga terlihat pada peningkatan skor rata-rata pada pretes dan postes yang ada pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 003/Pendidikan Sejarah/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Eksplanasi Sejarah, Every one is a Teacher Here (ETH), Pembelajaran Aktif. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 02:52 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 02:52 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2519 |
Actions (login required)
View Item |