PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTU APLIKASI VIDEOSCRIBE MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI ALJABAR DI SMP NEGERI 3 SEKAMPUNG

Fahrezi, Mufti Alifuza (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTU APLIKASI VIDEOSCRIBE MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI ALJABAR DI SMP NEGERI 3 SEKAMPUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa video pembelajaran berbantu aplikasi videoscribe menggunakan pendekatan scientific pada materi aljabar di SMP Negeri 3 Sekampung dan bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran yang valid dan praktis. Model yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu model ADDIE dengan tahapannya yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pada tahapan Implementation didalam penelitian ini tidak dilakukan, penelitian difokuskan untuk menghasilkan produk hingga valid dan praktis. Analysis untuk mencari informasi, Design untuk merancang video pembelajaran, Development untuk menghasilkan suatu produk, Implementation tidak lakukan peneliti karena suatu alasan, Evaluation untuk perbaikan pada setiap tahap. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, angket validasi oleh ahli, dan angket respon peserta didik. Kevalidan produk yang telah dikembangkan ini dilihat dari hasil validasi oleh 2 validator ahli materi memperoleh penilaian akhir dengan rata-rata persentase sebesar 78% kategori valid dan hasil validasi oleh 2 validator ahli media memperoleh penilaian akhir dengan rata-rata persentase sebesar 95% kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan produk yang telah dikembangkan ini diperoleh dari hasil angket respon peserta didik. Responden dari penelitian ini yaitu 8 peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Sekampung dengan memperoleh hasil akhir persentase sebesar 77% dan termasuk dalam kategori praktis. Dari hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis. Kata kunci: pengembangan, video pembelajaran, aplikasi videoscribe, scientific

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 001/Pendidikan Matematika/2023
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Aplikasi Videoscribe, Scientific.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:51
Last Modified: 19 Jan 2024 03:51
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item