PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DISERTAI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMP NEGERI 3 BATANGHARI

Sari, Tika Wulan (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DISERTAI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMP NEGERI 3 BATANGHARI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sari, Tika Wulani. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Discovery Learning Disertai Nilai-Nilai Islam Pada Materi Relasi dan Fungsi di SMP Negeri 3 Batanghari. Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Ira Vahlia, M.Pd, Pembimbing (II) Yeni RahmawatiES., M.Pd. Kata Kunci: bahan ajar, discovery learning, nilai keislaman, pengembangan Menggunakan bahan ajar dalam pembelajaran akan lebih memberikan kemudahan bagi peserta didik karena disusun secara sistematis dan spesifik. Spesifik artinya hanya menyajikan materi-materi tertentu secara rinci agar lebih mudah dipahami. Bahan ajar dapat membantu peserta didik memahami materi pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik lebih optimal. Tujuan dari penlitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berupa Bahan ajar berbasis discovery learning disertai nilai-nilai islam, mengetahui besarnya persentase dan kriteria kelayakan produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli (desain, materi, dan nilai islam) dan besarnya persentase kepraktisan produk dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan hasil uji coba pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanga dengan prosedur Pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation). Produk divalidasi pada aspek desain, materi, nilai keislaman, dan diujikan kepada peserta didik berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan maka dalam penelitian ini menghasilkan produk berupa Bahan ajar berbasis Discovery Learning pada materi Relasi dan Fungsi. Bahan ajar ini telah tervalidasi dan teruji. Hasil uji coba produk kepada peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis Discovery Learning pada materi Relasi dan Fungsi dapat membantu peserta didik memahami materi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 005/Pendidikan Matematika/2023
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Discovery Learning, Nilai Keislaman
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:05
Last Modified: 18 Jan 2024 08:05
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2384

Actions (login required)

View Item View Item