PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP LITERASI SAINS PADA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KALIREJO LAMPUNG TENGAH

NURYANI, - (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP LITERASI SAINS PADA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KALIREJO LAMPUNG TENGAH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V-.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Nuryani NPM.18260020 Skripsi: Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Literasi Sains Pada Kelompmok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo Lampung Tengah, Skripsi ini dibimbing oleh Noormawanti,M.Pd.I dan Nina Tisnawati,M.Pd.I Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan, sebagai bentuk bantuan bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan pada anak usia dini harus di sampaikan secara menyenangkan, salah satunya menggunakan media Pop-Up Book, Media ini merupakan sebuah alat peraga tiga dimensi yang dapat menstimulasi imajinasi anak serta menambah pengetahuan. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini difokuskan pada: bagaimana penerapan media PopUp Book terhadap literasi Sains dalam pembelajaran tema keluargaku pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah dan bagaimana efektifitas penerapan media Pop-Up Book terhadap literasi Sains dalam pembelajaran tema keluargaku pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian yang akan dicapai adalah: untuk mengetahui bagaimana penerapan media Pop-Up Book terhadap literasi Sains dalam pembelajaran tema keluargaku dan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan media Pop-Up terhadap literasi Sains dalam pembelajaran tema keluargaku pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, informasi yang diperoleh dianalisis secara kualitatif (nonkuantitatif). Informasi dapat berupa transkrip hasil wawancara, catatan lapangan, dokumen dan atau bahan-bahan yang bersifat visual seperti foto, video, bahan dari internet dan dokumen-dokumen lain tentang kehidupan manusia secara individual atau kelompok. Tujuan pada penelitian berfokus pada memperoleh gambaran di lapangan tentang bagaimana guru dalam penerapan media pembelajaran Pop-Up Book terhadap literasi sains pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo. Sehingga jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media Pop-Up Book memberikan kemudahan tersendiri bagi guru sebagai alat peraga pembelajaran memperkenalkan sains, penerapan media Pop-Up Book di TK ABA Kalirejo sekaligus meningkatkan kreatifitas pendidik dalam prosesmpembuatannya. Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan media pembelajaran Pop-Up Book di TK ABA Kalirejo menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 014/2023/S1 PIAUD
Uncontrolled Keywords: Pop-Up Book, Scientific Literacy.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: intan arum sari
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:17
Last Modified: 28 Dec 2023 04:17
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2276

Actions (login required)

View Item View Item