PENGEMBANGAN ASSESSMENT SUMATIF BERBASIS IT (INFORMATION AND TECHNOLOGY) DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Lestari, Tri (2023) PENGEMBANGAN ASSESSMENT SUMATIF BERBASIS IT (INFORMATION AND TECHNOLOGY) DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kelayakan, menghasilkan desain, dan mengetahui kepraktisan penggunaan assessment sumatif berbasis IT dalam pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran fisika. Pengembangan ini memberikan umpan balik kepada peserta didik dalam capaian pembelajaran. Produk yang dikembangkan berupa assessment sumatif berbasis IT berupa quizizz untuk soal dan google form untuk rubrik penilaian (poster dan video). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan yaitu tes berupa soal, rubrik penilaian poster, rubrik penilaian video, dan angket respon kepraktisan. Tingkat kelayakan asssessmet sumatif berupa soal valid dengan rata-rata 0,94, koefisien reliabilitas 90%, rata-rata daya beda 0,14, dan rata-rata tingkat kesukaran soal 0,38. Rubrik penilaian poster valid dengan rata-rata 0,93, koefisien reliabilitas 80%, dan rata-rata daya beda 1. Rubrik penilaian video valid dengan rata-rata 0,93, koefisien reliabilitas 80%, dan rata-rata daya beda 1,48. Lembar respon kepraktisan pengguna valid dengan rata-rata 0,93 dan koefisien reliabilitas 80%. Hasil angket respon kepraktisan peserta didik menghasilkan rata-rata 88,06% dengan kategori sangat praktis. Assessment sumatif tes berupa soal dengan peserta didik sebanyak 45% memperoleh rata-rata 77,77. Assessment sumatif berupa poster dengan peserta didik sebanyak 35% memperoleh rata-rata 82,86 dan assessment sumatif berupa video kreatif dengan peserta didik sebanyak 20% memperoleh rata-rata 88,75. Kata kunci: Asessment Sumatif, Information and Technology, Pembelajaran Berdiferensiasi..

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 005/Pendidikan Fisika/2023
Uncontrolled Keywords: Asessment Sumatif, Information and Technology, Pembelajaran Berdiferensiasi..
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 13 Dec 2023 02:49
Last Modified: 13 Dec 2023 02:49
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2265

Actions (login required)

View Item View Item