PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CTL (Contextual Teaching and Learning) MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X

ERVIANA, ELMA (2022) PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CTL (Contextual Teaching and Learning) MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (53kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Pengembangan bahan ajar ini menghasilkan produk berupa bahan ajar biologi berbentuk komik pembelajaran, komik sebagai media pmbelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pencemaran lingkungan ini diharapkan bisa membantu dalam proses pembelajaran dan bisa memotivasi peserta didik untuk lebih giat lagi mempelajari materi pencemaran lingkungan. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas X SMA Negeri 5 Metro berkenaan dengan media pembelajaran yang digunakan. Guru kelas X menyampaikan bahwa permasalahan yang dialami dalam proses pembelajaran yaitu masih ada banyak peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 60. Metode yang digunakan dalam mengembangkan yaitu dengan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan dengan model 4-D, terdapat empat tahap yaitu Define, Design, Develop dan Desseminate. Data hasil validasi ahli materi didapatkan nilai persentase 84% dengan kriteria “Sangat Baik”. Validasi media pembelajaran didapatkan nilai persentasi 93% dengan kriteria “Sangat Baik”, pada uji coba kelompok kecil didapatkan nilai persentase 92,8% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil dari peserta didik mengerjakan soal didapatkan nilai persentase 91%. Berdasarkan kriteria tersebut dapat dinyatakan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 027/Pendidikan Biologi/2022
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, komik pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), KKM 60
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Tri Kris Krisniati
Date Deposited: 15 Dec 2022 06:41
Last Modified: 15 Dec 2022 06:41
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item