EFEKTIVITAS MEDIA SCAN BARCODE DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTs SATU ATAP ZAINUL MANAQIBIL ISLAM ADILUWIH

Rahmawati, Ida (2022) EFEKTIVITAS MEDIA SCAN BARCODE DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTs SATU ATAP ZAINUL MANAQIBIL ISLAM ADILUWIH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Media merupakan suatu bimbingan yang penting dalam proses pembelajaran. dalam pembelajaran ilmu fikih banyak sekali komsep-konsep yang belum tersampaikan dengan baik oleh peserta didik, dikarenakan kurangnya media pembelajaran sehingga pembelajaran terasa sangat membosankan. Sehingga guru dituntut agar lebih kreatif untuk menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran fikih kepada peserta didik.tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran fikih serta implementasi media pembelajaran fikih pada materi taharah melalui modul berbasis Scan barcode. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4D, merupakan salah satu model pengembangan dari metode Research and Develophment (R&D). dengan langkah 1. tahap pendefinisian (Define) 2. tahap perancangan (Design) 3. tahap pengembangan (Develop) 4. tahap penyebaran (Disseminate) dengan instrumen pengumpulan data melalui angket yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan ahli desain. ketika sudah dinyatakan valid kemudian dihitung menggunakan rumus Presentase . Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fikih berbasis scan barcode sudah sangat baik dan layak digunakan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data dari penyajian media sebesar 86% sehingga dinyatakan sangat kuat atau valid. Kemudian dari penyajian materi mendapatkan persentase sebesar 93% sehingga dinyatakan sangat kuat/valid. Serta penyajian desain mendapatkan persentase sebesar 89% sehingga dinyatakan sangat kuat/valid. Selanjutnya hasil rekapitulasi data dari respon peserta didik mendapatkan persentase sebesar 93% dan dinyatakan sangat kuat/valid. Berdasarkan pada hasil analisis Pengembangan Media pembelajaran fikih berbasis scan barcode pada implementasinya menunjukkan bahwa media pembelajaran fikih menjadi lebih efektif, hal ini ditunjukan dari hasil validasi oleh para ahli serta responden, sehingga media pembelajaran fikih berbasis Scan Barcode dapat diterapkan agar proses pembelajaran menjadi efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 007/PAI/2022
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Scan Barcode, Fikih Taharah
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:45
Last Modified: 08 Dec 2022 02:45
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1833

Actions (login required)

View Item View Item