PERAN GURU PAUD DALAM MENSTIMULUS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI KOBER BKMT METRO PUSAT

Ningrum, Pratiwi Aulia (2021) PERAN GURU PAUD DALAM MENSTIMULUS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI KOBER BKMT METRO PUSAT. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Guru merupakan pilar dan juga pondasi suatu pendidikan yang menarik sehingga mampu terjalin timbal blik yang efektif diantara peserta didik dengan pendidik, membuat suasana kelas menjadi kondusif dan menarik tertarik mengikuti pelajaran dengan semangat tanpa merasa jenuh. Mengingat pentingnya anak dalam pendidikan, dan pentingnya anak usia dini dalam perkembangan manusia secara keseluruhan, maka PAUD perlu diberikan melalui berbagai rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar lebih siap memasuki pendidikan lebih lanjut, pendidik memegang peranan yang sangat penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya, serta menjadi fondasi perkembangan kepribadiannya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana peran guru paud dalam menstimulus perkembangan bahasa anak dan apa yang menjadi faktor pendukung serta faktor penghambat dalam menstimulus perkembangan bahasa pada anak kelompok usia 4-5 tahun di Kober BKMT Metro Pusat . Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) sebuah penelitian dengan prosedur penelitian yang menggali data dari lapangan untuk kemudian dicermati dan disimpulkan, penggunaan sumber data kualitatif dari sumber primer dan sumber sekunder, teknik pengumpulan data yang dipergunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan conclusing drawing/verification. Hasil penelitiannya yaitu Peran guru dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak berbagai metode atau media yang dilakukan di Kober BKMT Kota Metro dengan memberikan contoh mengajar dan mestimulasi perkembangan bahasa agar anak terbiasa untuk berbahasa yang menarik salah satunya menggunakan media mengunakan bahasa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak merangsang minat anak untuk berbicara, latihan menggabungkan bunyi bahasa, memperkaya perbendaharaan kata, mengenalkan kalimat melalui cerita dan nyanyian, mengenalkan lambang tulisan. Pendukung tersedianya media dan fasilitas lain yang menstimulus perkembangan bahasa anak, memberikan kebebasan ekspresi pada anak, Menumbuhkan keberanian dan percaya diri pada anak, memberikan rasa gembira dan menciptakan suasana yang menyenangkan. Hal ini disebabkan oleh keinginan anak pada usia 4 atau 5 tahun koordinasi perkembangan bahasa anak halus berkembang pesat. Program kegiatan belajar, tetapi juga membangun konsentrasi, agar hasil dari mewarnai dapat rapi dan anak dapat berkreatifitas. Faktor pendukungnya yaitu kematangan, kemampuan anak melakukan perkembangan bahasa anak sangat ditentukan oleh kematangan syaraf yang melakuakan gerakan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 001/PIAUD/2022
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAUD, Menstimulus Perkembangan Bahasa Anak
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:22
Last Modified: 22 Nov 2022 06:22
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item View Item