Septiara, Beti (2021) PERAN GURU MELATIH KEMANDIRIAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI TK PERTIWI LABUHAN RATU VIII KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan atau pengajaran sering kali dilakukan oleh guru dengan peserta didik dalam upaya membimbing kemampuan jasmani/fisik dan emosionalnya kearah kedewasaan, Kemandirian dalam bersosial dapat membantu anak untuk lebih mudah bergaul dan tidak mengandalkan orang tua dan tentunya tanpa sengaja akan menumbuhkan keberanian untuk membuka diri kepada orang lain dalam berinteraksi. Peserta didik pada tingkat pendidikan anak usia dini masih cenderung mudah untuk bergaul tentunya berawal dari malu-malu kemudian mereka akan saling berbicara dan bermain bersama, melatih peserta didik tidaklah mudah didik adalah anak usia dini tentunya membutuhkan kesabaran ekstra dan ketelatenan sehingga seorang guru yang mengajar, melatih kemandirian sosial pada anak usia dini melalui pembelajaran daring di TK Pertiwi Labuhan Ratu VIII seperti peserta didik terlalu manja disetiap pembelajaran daring berlangsung selalu meminta bantuan dalam mengerjakan tharus dituntun. Maka penelitian menjelaskan tentang peran guru melatih kemandirian anak usia dini melalui pembelajaran daring di TK Pertiwi Labuhan Ratu VIII. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) sebuah penelitian dengan prosedur penelitian yang menggali data dari lapangan untuk kemudian dicermati dan disimpulkan, penggunaan sumber data kualitatif dari sumber primer dan sumber sekunder, metode pengumpulan data yang dipergunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan conclusing drawing/verification. Hasil penelitiannya yaitu Peran guru dalam memberikan motivasi kepada anak sangat penting untuk memunculkan inisiatif untuk mampu mengetahui kegiatan yang baik dan tidak baik untuk dilakukan sehingga anak tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya dalam mendorong pertumbuhan dan kemandirian untuk melakukan semua tindakan tanpa merasa takut dihantui oleh orang-orang disekitarnya, membantu membuat pilihan yang tepat dan melindungi anak tersebut dari situsi berbahaya secara fisik maupun emosionalnya anak akan mengetahui perilaku apa yang sudah dilakukan dengan benar dan baik. Faktor-faktor yang mendukung adanya sarana dan sumber belajar yang lengkap, Profesionalisme dan semangat guru dalam membimbing, mengarahkan, membina dan mengontrol anak didik. Adapun faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pembentukan kemandiriran sosial anak yang masih malu untuk melakukan sesuatu kurangnya kesadaran guru dan keteladanan faktor lingkungan peranan orang tua anak didik terbatasnya pengawasan pihak kurangnya sarana dan prasarana pengaruh tayangan televise.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 002/PIAUD/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Melatih Kemandirian Sosial Anak Usia Dini, Pembelajaran Daring |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Khusnul Nisa A |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 07:58 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 07:58 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1625 |
Actions (login required)
View Item |