PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMA KELAS X

Apridayani, Apridayani (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMA KELAS X. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. Cover Tesis.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Literatur.pdf

Download (374kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Kurangnya model pembelajaran yang dimiliki oleh guru membuat pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan bagi siswa, model pembelajaran yang berpihak pada siswa. Pembelajaran diferensiasi berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) bisa diterapkan sebagai pembelajaran yang mengajak siswa untuk eksplorasi lingkungan sekitar. Materi ekosistem merupakan materi yang dapat digunakan siswa untuk mengeksplor lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui tingkat keefektifan Model Pembelajaran Diferensiasi berbasis JAS pada materi Ekosistem untuk meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa. Penelitian dan pengembangan ini didesain dengan menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cukuh Balak dengan menggunakan siswa Kelas X IPA.. Sedangkan data hasil penelitian adalah hasil pretest dan posttest siswa, kelayakan pakar, hasil tanggapan siswa dan guru, serta sikap siswa terhadap literasi lingkungan. Simpulan yang dapat diambil adalah 1) Tingkat keaktifan siswa saat penugasan mencapai 84%, tingkat keaktifan siswa saat pembelajaran mencapai 84 % dan tingkat keaktifan siswa saat Jelajah Alam Sekitar (JAS) mencapai 88 %. 2) Tingkat kemampuan siswa terhadap sikap literasi lingkungan baik, 3) Hasil Pretest rendah dengan rata rata 51, 4 sebelum diberi treatment, selanjutnya hasil post test rata rata 71, 4 mengalami kenaikan setelah diberi treatment.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 007/Pasca Biologi/2022
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran diferensiasi, Jelajah Alam Sekitar (JAS), Ekosistem, literasi lingkungan
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:56
Last Modified: 11 Nov 2022 03:56
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item