PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA MIND MAPPING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI

Rohmawati, Evi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA MIND MAPPING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Evi Rohmawati. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berupa Mind Mapping Untuk Peserta Didik Kelas XI. Skripsi. Prodi Pendidikan Biologi. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Dr. Agus Sujarwanta, M.Pd, Pembimbing (II) Agil Lepiyanto, M.Pd. Media pembelajaran harus terus dikembangkan dalam pendidikan, hal ini karena media merupakan suatu hal yang sangat penting bagi penyelenggaraan proses pendidikan. Tanpa media pembelajaran, peserta didik akan kesulitan untuk mempelajarai materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran biologi Mind mapping Application di Kelas XI. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan yang dilakukan mengacu pada penelitian 4D dengan Tahapan define, design, develop, and desseminate. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan, adapun penelitian pengembangan ini produk yang dikembangkan adalah Media pembelajaran Mind Map Application, diharapkan dengan dikembangkannya media pembelajaran Mind Map menggunakan aplikasi ini mampu memberikan sumbangan yang sangat diperlukan oleh peserta didik dalam belajar, sesuai perkembangan kurikulum 2013 saat ini. Instrumen validasi dalam penelitian ini menggunakan angket dengan pedoman skor menggunakan skala likert 1-5. Berdasarkan uji validitas produk diperoleh bahwa Penilaian yang telah dilakukan pada Aplikasi Mind Mapping yang dikembangkan mendapatkan kriteria “sangat layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan nilai persentase total pada validasi materi sebesar 98% dan pada validasi desain sebesar 91%. Kata Kunci: Pengembangan, Media, mind mapping,

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 005/Pend. Biologi/2021
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Mind Mapping,
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:53
Last Modified: 07 Nov 2022 07:05
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1414

Actions (login required)

View Item View Item