OKTARIO, HENDRI (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA BROSUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 3 SEKAMPUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu sumber belajar untuk membantu proses belajar mengajar. Untuk memberikan bekal kepada peserta didik maka diperlukan pembelajaran IPS yang inovatif, menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Hasil prasurvei yang dilakukan di SMP Negeri 3 Sekampung khususnya di kelas VIII.3 yang berjumlah 32 peserta didik pada mata pelajaran IPS, peserta didik cenderung diam dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran hal tersebut dimungkinkan karena guru kurang bervariasi dalam penggunaan metode. Maka diperlukan pembelajaran yang kreatif, menarik dan tidak membosankan bagi peserta didik, yaitu penerapan pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media brosur untuk meningkatkan hasil belajar peseta didik mata pelajaran IPS Terpadu. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengetahui pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media brosur dapat meningkatkan hasil belajar peseta didik mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP N 3 Sekampung. Penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media brosur pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan setelah diadakan tindakan siklus I dan II. Sebelum diadakan penelitian nilai rata-rata siswa sangat rendah yaitu sebanyak 15 peserta didik belum tuntas, sedangkan 17 peserta didik tuntas belajar. Hasil belajar peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas 90 dan daya serap klasikal 87,5% dan dengan kriteria tuntas belajar sebanyak 28 peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 024/S1 Pendidikan Ekonomi/2022 |
Uncontrolled Keywords: | brosur |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Tri Kris Krisniati |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 01:25 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 01:25 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1377 |
Actions (login required)
View Item |