yulitasari, iis (2020) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI- NILAI ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH TERPADU SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
anak-anak merupakan generasi masa depan yang perlu diberikan pendidikan keagamaan serta pembinaan untuk mencapai predikat umat terbaik, pentingnya pendidikan keagamaan sejak dini adalah untuk mencegah dan menghindari anak dari kenakalan remaja, ditinjau dari proses komunikasi pendidikan merupakan bagian dari komunikasi yaitu proses mengajar, yang melibatkan dua komponen yang terdiri dari guru sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikan. Sekolah dasar muhammadiyah terpadu sendang agung merupakan salah satu lembaga yang sangat peduli akan pendidikan agama islam sekolah ini memiliki konsistensi dan eksistensi yang tinggi dalam berdakwah sejak 2015 hingga saat ini. Karena itu melalui penelitian ini penulis bermaksud mencari informasi bagaimana strategi komunikasi guru SD Muhammadiyah Terpadu Sendang Agung dalam menanamkan nilai-nilai islam, penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi mendalam yang dilakukan peneliti kepada guru SD Muhammadiyah Terpadu Sendang agung, analisis data menggunakan teori strategi komunikasi middliton yaitu kombinas iterbaik darisemua elemen, komunilator, komunikan ,pesan, media, dan efek yang dihasilkan. Dari hasil penelitian mengenai strategi komunikasi guru dalam menanamkan nilai-nilai islam di SD muhammadiyah terpadu sendang agung terhadap penanaman nilai islam adalah dengan strategi melalui komunikator, pesan, komunikan, media dan efek yang dihasilkan dari penanaman nilai-nilai islam. Komunikator melalui kompetensi pedagogik dan profesional, pesan yang disampaiakan berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits, komunikan diharapkan dapat lurusnya aqidah, termotivasinya ibadah dan menegerjakan amal ma’ruf nahi mungkar, media yang digunakan guru dalam penyampaian pesan melalui tiga tahapan yaitu qoul(perkataan),al-amal(perbuatan) dan qudwah hasanah( contoh/tauladan yang baik) dan efek yang diharapkan dari penanaman nilai-nilai islam yaitu dapat bertambahnya wawasan dan pengimplementasian dalam ibadah harian.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 010/FAI/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Komunikasi, nilai islam |
Subjects: | 200 Agama > Komunikasi Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 01:21 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 01:21 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1292 |
Actions (login required)
View Item |